Ubuntu 9.10 Code Name Karmic Koala

Setelah mengeluarkan alpha dan beta release, akhirnya Cannonical, pengembang resmi Linux Ubuntu kembali menggebrak dunia Linux/open source dengan menghadirkan Final Release Ubuntu 9.10 dengan code name Karmic Koala. Ubuntu 9.10 merupakan edisi ke-11 dari sistem operasi Ubuntu dan akan didukung oleh Cannonical selama 18 bulan. Jadi selama delapan belas bulan, Cannonical akan tetap memberikan berbagai perbaikan, update, dan upgrade untuk versi ini. Ubuntu 9.10 tersedia untuk dua platform komputer, desktop dan server.

Berbagai perbaikan, peningkatan, update aplikasi serta fitur baru dihadirkan untuk lebih memanjakan dan memuaskan pengguna dalam kegiatan komputasinya bersama Ubuntu. Beberapa fitur yang dihadirkan, antara lain:

Gnome 2.28.1
Penggunaan Gnome sebagai default dari desktop environment Ubuntu telah dilakukan semenjak pertama kali Ubuntu hadir, karena lebih ringan, mudah, dan efektif. Dan kini Ubuntu 9.10 menggunakan versi terbaru dari Gnome.

Linux Kernel 2.6.31.1
Dipilihnya kernel versi ini, karena telah mendukung berbagai perangkat keras komputer terkini. Ditambah lagi dukungan terhadap format filesystem EXT4.

New artwork
Tampilan grafis dari theme, wallpaper, serta screensaver, kini lebih cantik dan indah dengan image yang memiliki ‘seni’

Improved boot times
Waktu booting dari Ubuntu 9.10 kini menjadi lebih baik dan lebih cepat dibandingkan versi Ubuntu sebelumnya.

Ubuntu One
Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan dan berbagi file mereka secara online. Juga dapat disinkronisasikan dengan fitur Tomboy notes dan Evolution contacts.

Ubuntu Software Center
Fitur ini menggantikan fitur Add/Remove pada ubuntu versi sebelumnya. Dengan fitur ini diharapkan manajemen aplikasi lebih user friendly dan efektif. Fitur ini menawarkan deskripsi dan screenshot program-program aplikasi yang ada, sehingga Anda dapat memilih program yang dibutuhkan.

Ubuntu Netbook Remix

Selain menghadirkan Ubuntu 9.10 edisi desktop dan server, Cannonical juga merilis secara bersamaan sistem operasi Ubuntu yang didesain khusus untuk digunakan pada netbook, yaitu Ubuntu 9.10 Netbook Remix.

Seperti edisi desktop dan server, Ubuntu 9.10 Netbook Remix juga dihadirkan dengan berbagai peningkatan, perbaikan, update, dan fitur baru dibandingkan versi sebelumnya.

Ingin merasakan fitur terbaru Ubuntu 9.10? Dapatkan di sini

~ oleh gandhiprima pada 1 November, 2009.

2 Tanggapan to “Ubuntu 9.10 Code Name Karmic Koala”

  1. Ubuntu 9.10 memang versi terbaru dari ubuntu yang menurut saya menarik bahkan menurut saya lebih menantang ketimbang windows7 luncuran windows.mudah-mudahan banyak orang indonesia yang lebih senang dan mau menggunakan linux ketimbang windows =)
    Artikel yang bagus .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: