Kerja Keras adalah Energi Kita, pelumas unggulan Enduro 4T

Banner Lomba Blog Pertamina

Banner Lomba Blog Pertamina

Kerja Keras Adalah Energi Kita. Tema dari Pertamina Blog Contest 2009.

Jika kita bicara tentang Pertamina,,, siapakah yang tidak mengenal  dengan kata itu  karena Pertamina merupakan salah satu Perusahaan terbesar di negeri ini.
Pertamina di era Orde Baru  merupakan salah satu perusahaan negara  berbentuk BUMN ( Badan Usaha Milik Negara ) , yang didirikan berdasarkan Undang-undang nomor 8 tahun 1971 dan saat itu mempunyai jumlah karyawan sekitar 26 ribu orang dari berbagai  elemen  disiplin ilmu dan strata pendidikan .
Dan saat ini memasuki era reformasi serta seiring dengan adanya kemajuan zaman dan perkembangan teknologi , Pertamina  yang dahulu merupakan BUMN berdasarkan Undang-undang nomor 22 tahun 2001 berubah menjadi perusahaan perseroan terbatas yang dikenal dengan sebutan PT. Pertamina       ( Persero).
Sejalan dengan adanya perubahan  secara internal Pertamina melakukan pembenahan disegala bidang kegiatan operasional termasuk salah satunya adalah melakukan restrukturisasi organisasi yang bertujuan untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan .
Sebagai gambaran,,,,Secara umum PERTAMINA sendiri mempunyai  arti sebagai Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara , yang oleh negara diberikan kewenangan penuh untuk mengelola  pertambangan sumber daya alam berupa Minyak dan Gas bumi.
Diawali dari langkah seismik / pencarian  sumber cadangan minyak dan Gas Bumi yang ada di wilayah Indonesia, menetapkan peta wilayah dan melakukan langkah pengeboran , mengolah  hasil  di Unit Pengolahan serta memasarkannya  melalui Unit Pemasaran baik untuk konsumsi domestik  dan export , semuanya dilakukan oleh Pertamina.
Dari jenis minyak mentah / crude oil  yang didapatkan semua diproses  oleh Pertamina Unit Pengolahan yang ada di Indonesia.
Dari Pengolahan ini Pertamina mendapatkan berbagai macam produk  seperti :  MFO  yaitu minyak bakar  yang oleh kalangan masyarakat lebih dikenal dengan sebutan minyak hitam ( residu ),  IDO  ( Industrial Diesel Oil ) yaitu minyak untuk bahan bakar mesin diesel putaran rendah yang biasa digunakan pada industri, Keriosene ( minyak tanah ) , Premium , Pertamax , HSD ( solar ), Avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang, Naptha, Olefin, Parafin, Paraxilin , LPG ( Liquid Petrolium Gas ) , Aspal , Aditif , Base Oil / bahan dasar pembuatan minyak pelumas dan produk lainnya seperti Gas Alam LNG ( Natural Petrolium Gas ) dll. Diantara semua jenis produk yang dihasilkan oleh Pertamina, Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sangat dikenal oleh masyarakat banyak dan digunakan untuk kebutuhan primer sehari-hari baik untuk kegiatan rumah tangga maupun untuk memenuhi kebutuhan transportasi darat , laut dan udara.
Disamping kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak, masyarakat juga membutuhkan produk lainnya yaitu berupa minyak Pelumas baik untuk  keperluan minyak pelumas otomotif pribadi maupun kegiatan industri .
Berbicara tentang Minyak Pelumas Pertamina sendiri dalam hal ini  telah berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan pasar dalam penggunaan minyak pelumas.   Oleh karena itu  semua jenis Minyak Pelumas untuk kebutuhan pasar dari Pertamina telah diproduksi  seperti :
•    Passenger Car Oil  ( minyak pelumas untuk kendaraan penumpang.)
•    Heavy Duty Diesel Oils  ( miyak pelumas untuk Diesel dan mesin-mesin berat )
•    Powershift Transmission & Hydraulic Oil For Equipment  ( yaitu minyak pelumas untuk powershift transmisi dan kendaraan berat lainnya.
•    Outomatic Transmissin Oils & Manual Transmission Oil  ( minyak pelumas untuk transmisi otomatis dan manual )
•    Small Engine Oils  ( minyak pelumas untuk kendaraan ringan ) baik roda empat dan roda dua.
•    Industrial and Marine Engine Oils  ( minyak pelumas untuk industri dan kebutuhan kelautan )
•    Natural Gas Engine Oils.
•    Industrial Gear Oils, Hydraulic Oils & Turbine Oil
•    Circulating Oils For Bearing System and Steam Sylinder Lubricants ( minyak pelumas untuk pelumasan bearing dan mesin uap )

Dari berbagai macam Pelumas yang diproduksi oleh Pertamina, semuanya diproduksi  dengan metode uji kualitas yang handal serta telah mendapatkan sertifikasi ISO  9000 series untuk kategori manajemen mutu,  ISO  14001 untuk manajemen sumber daya manusia dan bahkan saat ini semua produk telah mempunyai sertifikasi ISO  18000 integrated artinya semua produk yang dihasilkan telah memenuhi standar baku klualitas produk secara intyernasional , sumber daya manusia yang menangani serta manajemen lingkungan ( SMK3LL ) yang benar-benar baik dan aman bagi semua pihak  serta tidak menimbulkan dampak  yang negatif  dan berpotensi terhadap kerusakan lingkungan.

Sekedar  informasi dan gambaran yang lebih nyata bagi  anda semua……penulis akan mengulas sekelumit  tentang :
Salah satu pelumas Pertamina  Unggulan yang bermutu sangat tinggi   untuk mesin 4 Tak masa kini  dan dilengkapi dengan teknologi aditif yang mutakhir dalam jumlah dan komposisi yang tepat dalam ukuran 0,8 liter adalah “ ENDURO 4 T “ serta  mempunyai keunggulan  kekentalan pelumas yang stabil pada temperatur rendah maupun tinggi, artinya pelumas jenis ini mempunyai fleksibilitas kekentalan yang stabil tidak mudah beku pada temperatur mesin rendah serta tidak mengencer pada temperatur mesin yang sangat tinggi  , tidak slip pada coupling, menjaga kehandalan mesin dan melindungi mesin secara optimal dari korosi dan keausan  serta tidak mudah teroksidasi  oleh radiasi panas dari mesin itu sendiri.
Pelumas jenis ini diproduksi oleh Pertamina guna memenuhi kebutuhan pasar  terutama kebutuhan para anak-anak muda  yang ngetrend dengan motor terbarunya.
Pelumas Unggulan Enduro 4T ini  dipasarkan karena telah memenuhi  Rekomondasi Engine Builder Amerika ( API SJ ) dan telah  memenuhi Rekomondasi Engine Builder  Jepang ( JASO MA )  sehingga sangat layak jika kita menggunakannya.
Sekilas pengertian API  SJ adalah  sertifikasi dari American Petrolium Institute  dan S  adalah  ( Spark / Busi )  serta J  adalah  merupakan GRADE kualitas mutu  ( makin  tinggi huruf  dibelakang  S , maka makin tinggi pula kualitas mutu pelumas ).

Adapun beberapa prestasi Pelumas Pertamina adalah selalu digunakan untuk pengisian awal  di pabrik  oleh lebih dari 90%  pabrik kendaraan di Indonesia dan digunakan sebagai bahan dasar pelumas lainnya .
Pertanyaannya adalah ,,,,,,,, mengapa  masih banyak diantara kita yang kurang minat terhadap Pelumas Pertamina yang sudah sangat jelas spesifikasinya dan pasti handal  ???  mohon maaf  jika penulis mengatakan lebih handal  karena menurtut penulis semua Pelumas Pertamina diproduksi oleh produsen yang jelas dan kredibel  ( dapat dipercaya keberadaan pabriknya )serta finish produk  sudah pasti dan selalu memperhatikan spesifikasi baku mutu yang sudah ditetapkan melalui sertifikasi ISO.  Kekurang minatan atau lebih pada rasa aptisme dari masyarakat ini  bagi penulis tidak dapat  dikategorikan salah , karena memang selama ini  yang terjadi ditengah tengah masyarakat adalah kurangnya informasi yang didapat oleh masyarakat itu sendiri tentang  Pelumas Pertamina sehingga secara makro masih banyak masyarakat yang ambivalent  terhadap produk sendiri.
.
Jika anda ingin tahu  untuk  wilayah Jawa  pabrik pelumas Pertamina ada di tiga kota  yaitu  :
1.    Unit Produksi Pelumas Cilacap  ( UPPC )
2.    Unit Produksi Pelumas Surabaya  ( UPPS )
3.    Unit Produksi Pelumas Jakarta  ( UPPJ )

Semua Unit Produksi Pelumas Pertamina sendiri baik di Cilacap, Surabaya dan Jakarta mempunyai sumber daya manusia yang profesional serta sangat terlatih dibidang kerjanya masing-masing  serta  semua produk yang dihasilkan selalu  diuji di laboratorium untuk mendapatkan release produk yang valid dan memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan .
Pembaca yang terhormat,,,,,,
Melalui tulisan ini menurut pengamatan penulis sendiri masih ada beberapa faktor yang sangat dominan tentang masih banyaknya masyarakat kita yang kurang  berminat pada pelumas Pertamina , karena :

•    Kadang  barang masih sukar dicari dipasaran
Kemungkinan ini bisa terjadi  karena  pihak Pertamina  kurang cermat dalam mengamati kebutuhan pasar  ( produksi tidak sesuai permintaan segment pasar ) sehingga deccession maker yang diambil oleh manajemen dalam menentukan kuota produksi  tidak seiring dengan kebutuhan pasar. ini artinya kemungkinan barang yang dibutuhkan oleh pelanggan banyak namun  barang yang diproduksi hanya sedikit atau sebaliknya .

•    Kurangnya  pengenalan  Pelumas Pertamina melalui media Advertensi / Iklan dan selebaran lainnya  dari Perusahaan kepada masyarakat pengguna selaku stake holder dan pelanggan ( customer ) , dan makin intensifnya dunia periklanan pelumas dari luar melalui media cetak dan media elektronik , sehingga masyarakat awan tidak banyak yang tahu sejauh mana keunggulan dan kehandalan Pelumas Pertamina.

•    Adanya  pemberlakuan birokrasi di internal Pertamina sendiri yang sampai saat ini Pertamina tidak pernah menjual produknya kepada retail               ( pengecer )  baik kepada bengkel-bengkel motor dan tempat penjualan eceran lainnya, namun dalam penjualannya masih melalui AGEN sebagai jaringan distribusi.  Sehingga  banyak dan sedikitnya serta kemudahan untuk mendapatkan pelumas Perrtamina dilapangan sedikit mengalami hambatan  ( pasokan ke pasaran tergantung AGEN masing-masing ).     Hal ini bertolak belakang dengan metode dan sistematika  bisnis yang dilakukan oleh produsen lainnya dalam penjualan pelumas ke pasaran yang selalu mengedrop produknya  lebih dahulu baru dibayar kemudian serta selalu memberikan fee penjualan yang pasti kepada setiap penjualnya.
Sehingga kepada anda jangan heran manakala pelumas Pertamina jika di bengkel-bengkel dan pengecer umum  selalu diletakan dibagian belakang  pelumas lainnya karena penjualnya sendiri kurang ber empati menjual pelumas Pertamina yang nota bene merupakan  produk pelumas hasil anak bangsa ini.

Akhirnya penulis berkeinginan…..
Adanya sedikit  tulisan ini akan dapat lebih membuka cakrawala kita sebagai  anak bangsa yang cinta akan produk sendiri dan bukan tergantung dengan  produk asing.

Dan percayakah  anda ????  jika selama ini sering kita temukan dipasaran Pelumas Pertamina ada yang dipalsukan ???  Mengapa demikian ???  jawabannya cukup simple dan sederhana….. karena Pelumas Pertamina  adalah yang terbaik dari yang paling baik  dan  Pertamina sendiri sudah mempunyai Brand Image  ditengah tengah masyarakat .

Namun jika anda telah mencintai produk sendiri dengan satu tekad bersama Kita Untung , Bangsapun Untung ,,,,, jangan kuatir terhadap adanya pelumas palsu  yang akan menimpa anda.

Ada bebepara  tip  ataupun cara  jitu dalam mencermati pelumas yang dipalsukan  dan jika anda menjumpai salah satu dari hal-hal berikut ,,,,,,, segera hubung PERTAMINA .
1.    Adanya harga pelumas dipasaran yang terlalu murah.
2.    Periksa 8 digit nomor Batch / Lasermark disegel antara tutup dan Badan kemasan yang tidak sama.
3.    Kondisi Pelumas yang terlalu encer atau terlalu kental  tidak sesuai dengan  standard SAE  ( Sosiety of Automotive Engineers )
4.    Adanya bau sangit atau asam  ( bandingkan dengan bau yang asli )
5.    Adanya endapan karbon didasar kemasan
6.    Dan hal-hal lain yang mencurigakan  seperti rusaknya  segel / kemasan pelumas.

Karena hanya dengan melakukan pengamatan secara cermat semacam ini kita akan terhindar dari  pelumas Pertamina Palsu yang banyak dipasarkan.

Mari kita support PERTAMINA sebagai salah satu perusahaan milik anak bangsa yang setidaknya harus kita  dukung bersama dalam setiap langkah kegiatan demi terwujudnya  Pertamina sebagai Perusahaan yang berkelas dunia  “  World Class Company “  dan mampu berkompetisi dengan semua perusahaan besar lainnya yang menjual produk sejenisnya.

~ oleh gandhiprima pada 25 Oktober, 2009.

Satu Tanggapan to “Kerja Keras adalah Energi Kita, pelumas unggulan Enduro 4T”

  1. ikut pertamina blog contest ya mas? semoga menang ya.. sukses mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: