Masalah yang sering terjadi saat Instal Leopard

Pada waktu kita menginstall Leopard, mungkin ada yang tidak langsung berhasil. Ada yang tinggal 1 menit instalasi selesai, eh malah macet. Looping error pada waktu pembuatan account, dll. Nah kali ini kita akan bahas nih, gimana cara ngatasi trouble saat instalasi. Baca terus artikel ini ampe kelar. Kali-kali aja anda menemukan solusi dari masalah anda…πŸ™‚. Nyante aja, ga usah tegang… hehehehe

1. Instalasi berhenti pada posisi ” 1 minute left ”

Penyelesaian : Restart ulang, dan ulangi boot dari Dvd anda. Jangan format lagi harddisk anda, biarkan saja. Instalasi kemudian akan dilanjutkan hingga finish.

2. Gagal booting dan tidak mau masuk proses instalasi.

Penyelesaian : Restart ulang, boot dari Dvd dan tambahkan perintah cpus=1. Masalah ini kebanyakan terjadi pada laptop yang menggunakan processor CoreDuo.

3. Keyboard tidak dikenali oleh Leopard

Penyelesain : Restart ulang, dan booting dari Dvd, masuk ke Terminal, dan ketikkan perintah berikut :

cp -Rf /System/Library/Extensions/ApplePS2Controller.kext /Volumes/nama_harddisk/ /System/Library/Extensions/ApplePS2Controller.kext

4. USB Devices tidak dikenal

Penyelesain 1 : Setting bios anda. Set USB Controller = Enabled. Set USB 2.0 Support = Enabled. Set Legacy USB Support = Disabled

Penyelesain 2 : download IOUSBFamily.kext dan install. Ingin tau cara install .kext extensions? klik disini…

5. Error Looping pada Pembuatan Account

Penyelesaian : Restart, boot dengan parameter “-s” < tanpa tanda petik >. Kemudian ketik perintah berikut :

mount -uw /
passwd root ———-> mengganti password root. Isi password, dan jangan sampai lupa!
touch /var/db/.AppleSetupDone
reboot

NB : Case Sensitive. Jadi ketikkan sama persis besar kecil huruf nya!.

Kalo anda menemukan masalah yang belum dijelaskan penyelesainnya di sini, silahkan message saya. Hehe…πŸ™‚

Belajar bersama….Berbagi bersama…..

~ oleh gandhiprima pada 25 Mei, 2008.

34 Tanggapan to “Masalah yang sering terjadi saat Instal Leopard”

  1. Mas sy dah coba install leopard4all 10.5.2 yg buat intel,tetapi setelah succes install mac,selalu blank jika reboot. spec sy,dual core 1,86 ghz..thx

    Admin Says : Coba anda isikan parameter cpus=1 pada boot. Setelah komputer booting, tekan F8, kemudian isikan cpus=1, sehingga terlihat seperti di bawah ini :

    boot= cpus=1

    Masalah ini sering terjadi pada laptop dengan processor CoreDuo ataupun Dualcore…

    Regards

  2. mas saya mau instal ulang leopard saya karna password admin saya lupa, masalahnya gak mau ke instal kalo gak lewat admin, gmana cara membongkar password admin saya?

  3. Mas, saya sudah berulang2 plus ngotak ngatik BIOS mencoba install macOS di PC pake Kalyway_10.5.2_DVD_Intel_Amd tapi gagaal terus, jadi pas masuk layar abu (yang ada logo apple) ada icon loading terus muncul icon perboden! bis itu ky looping terus disitu, nah itu masalahnya dmana ya?

    sy pake:
    Mobo = GA-MA blabla lupa (tar diupdate)
    Processor = X2 5000+ (AM2)
    VGA = ati x1650
    HD = seagate 80GB ATA (format NTFS)
    RAM = 1 GB

    mohon dibantu ya mas, desperate nih pengen pake mac os hehe.. pengen install garage band ma final cut.
    Tnx before, ntr sy cek lg kesini..

    Admin Says : Pada awal booting tekan F8, isikan parameter cpus=1 -v. Restart kompie anda

  4. tengkyu mas..nanti dicoba deh.. kl masi ga bisa jgn bosen ya sy tanya hehe…hatur nuhun.

  5. mas, saya instal pake kalyway, abis instal kan disuruh milih negara, tipe keyboard, dan ada pilihan buat transfer data dari mac lain. Saya pilih yang Don’t transfer any information, trus next. Malah ngulang dari awal (milih negara). Tolong dibantu, makasih

    Admin Says : Sudah pernah dibahas pada artikel saya, silahkan menuju link berikut https://gandhiprima.wordpress.com/2008/05/25/masalah-yang-sering-terjadi-saat-instal-leopard/

  6. mas,saya sudah berhasil instal, tapi dipakai 5 mnit trs minta direboot, ntr balik lg kyk gt lagi…laptop saya hp 520 dual core.terim kasih

    Admin Says : Kemungkinan ada crash antara kernel dengan CPU anda. Bisa diakali dengan mengganti kernel milik tiger. dan Burn ulang.πŸ™‚

  7. Mas, aku sudah install iDeneb v4 yg aku beli dari mas ke Acer 4520, trus berhasil install, lalu perbaiki boot0: error dgn chain0… lalu pertama kali boot ke mac malah reboot terus menerus Saya boot pake -v -F (juga tambah cpus=1 rd=disk0s6) juga ngga berhasil masuk ke Terminal dgn boot pake -s…

    diBios juga aku sudah coba ganti SATA mode ke AHCI dan IDE… tapi tetap booting terus..

    ada saran?

  8. mas aku udah install successfully ada tanda cawang hijau, minta restart.
    abis restart muncul logo apple sama tanda wait muter-2. eh agak lama ada tanda cross miring dalam lingkaran. alis mandeg.

  9. Mas, tolong nih, saya sudah beberapa kali install kalyway tapi tidak bisa2.. masalah saya ada pada Error Looping pada Pembuatan Account. Tetapi listing yang mas kasih tidak bisa terpakai.. mount -uw / –> tidak ada masalah
    passwd root –> Tertulis “passwd not command” artinya perintah passwd tidak ada ya? tyuz password apa yg mesti diberikan, lalu bagaimana format penulisan passwordnya
    touch /var/db/.AppleSetupDone –> langsung banyak tertulis teks2 yang saya tidak mengerti maksudnya.. tetapi diantara teks itu tertulis “error write/not write/ atau sejenisnya”. Berarti tidak bisa menulis .AppleSetupDone ya?
    reboot –> Berhasil

    Bagaimana caranya mas.. tolong pencerahan seceparnya. Laptop saya merek Toshiba L310i – PSME4, 2GB RAM, Intel Core 2 Duo..

  10. mas, aku mau nginstal leopard di pc tapi gagal melulu selalu da pesan ebios erorr,pec pc aku
    mobo msi
    prosesor intel pentium 4 2,8mhz
    ddr 1gb
    hdd 60gb ata
    vga ati radion gegabite 128mb

  11. Bro, Masalah saya waktu install leopard selalu gagal sebelum proses intallasi(Masalah no.2).. Saya menggunakan laptop compaq v3804au yang udah support SS3.. Solusi dengan menambahkan cpus=1 itu gimana, diketik dimana?? Tolong bahas mac osx ipc & apa support dengan laptop saya??
    Tolong bantuannya..
    Thank’s..

  12. mas, cara ngrubah resolusi layar di hackintos leo4all gimana, aku pake gf9500gt, waktu tak install drivernya nggak ngaruh apa-apa? tengs

  13. mas saya install mac leopard 10.5 kok cuman berhenti di dos ajasetelah berhasil booting dan muncul tulisan using 10485 buffer headers and 4096 cluster IO buffer header.
    itu kenapa mas ?
    spesifikasi komputer saya :
    motherboard PC-chip
    prosesor intel core duo 2,4 ghz
    ram 2gb
    VGA ati 1gb
    hdd 80gb sata

    thx

  14. Mas saya mo nanya. Saya dah instal leopard di laptop Zyrex dan sukses. Tapi masih ada masalah; 1. Booting ga bisa langsung jadi saya pake bantuan DVD Installnya; 2. Pada layar Welcome saya dah memilih Negara Asal, Jenis Keyboard dan Migration tapi kenapa kembali lagi ke layar Welcome lagi. Mohon penerangannya. Trims

    Admin Says : kunjungi artikel saya yang ini https://gandhiprima.wordpress.com/2008/05/25/masalah-yang-sering-terjadi-saat-instal-leopard/

  15. mas,,saya berhasil instal iPC 10.5.6 tapi keyboard ga terconect/terdeteksi..apa yg hrs kulakukan..???
    spek komputer::
    mobo : ECS nForce4M-A
    proccesor : AMD Athlon 64 3200+
    VGA geForce 8500GT
    HDD WD 160 GB
    ram 2GB
    thanks….

    Admin Says : sudah diinclude-kan PS/2 keyoboard patch saat instalasi?

  16. saya pake compaq v3802 amd
    pada saat saya install ideneb 1.5 pada saat disk utility hdd gak detect gmn ya cara nya
    hdd saya saya partisi 3
    c : ntfs
    d : fat32
    : mbr

  17. alo kk , mobo saya MCP 73 V (chipset NVDIA 7050, N Force 610). udah saya ikuti yg kk sarankan : tekan f8, lalu muncul Boot: (ketik) cpus = 1 ,tapi masi eror juga! cuman keliahatan gambar apel,dan tanda bulat garis miring.(padahal udah install ampe laper , apelnya eror pula )
    aku masuk vebose ( -v ) pesannya sbb:
    SAM Multimedia : READ OR WRITE failed, SENSE_KEY = 0x05, ASC=0x20, ASCQ=0x00

  18. halo pak, saya berhasil install leopard dgn distro ideneb v.1.6 , dengan kernel Qoopz di laptop Zyrex Cruiser, tapi kok pas mau booting, ga mau masuk ke OS nya ya, cuma tampilan gambar apple, udh gitu ga masuk masuk ke OS nya..

  19. aku pake yg versi 10.5.6 ,mas klo chipset mcp 73 v, kernel nya pilih vanilla/ voddoo? terus boot loadernya pilih chamelone yg apa?

  20. SPEK: GIGABYTE P43DS3L (mobo)
    hdd seagate 250giga
    DDR2 3Giga kingston (memori)
    GEFORCE9500GT (vga)
    CORE2DUO E7200 2,53ghz (prosessor), sama kyk tmn2 yg lain, install sukses, pas restart dan loading lg stuck di logo apple, lalu ada tanda palang di tgh. kira2 apa yg slh ya? tlng dong brow.

  21. mas,, laptop saya lenovo G450.
    waktu saya instal leopard ada masalah waktu ngisi accountnya…
    setelah saya ikuti langkah2 yg sudah di kasih berjalan lancar,,
    tp saya ga bisa masuk ke leopard nya,,
    karena saya ga tau name buat usernya…..
    kalau passwordnya saya ingat…..

    mohon pencerahanya……..

  22. mas saya udah coba instal os x kalyway…proses instal udah selesai menggunakan safe mode ( -x ).pas restart masuk animasi welcome dilanjutkan pilih negara, pilih keyboard trus yg ini pilihannya kira2 dlm bahasa indonesia jangan kirim apalah saya lupa.trus berhenti sejenak…koq terus masuk looping lagi ke animasi welcome terus dan gak bisa ketahap selanjutnya…mengapa ya? mohon pencerahannya?
    trima kasih

  23. Saya mengalami Error Looping pada Pembuatan Account

    dan sudah menggunakan cara dibawah tapi tetap gagal.

    Penyelesaian : Restart, boot dengan parameter β€œ-s” . Kemudian ketik perintah berikut :

    mount -uw /
    passwd root β€”β€”β€”-> mengganti password root. Isi password, dan jangan sampai lupa!
    touch /var/db/.AppleSetupDone
    reboot

    Mohon bantuannya:)

  24. mas..
    saya mau nanya banyak neeh..
    banyak bgt problemnya wktu nginstall..
    blh minta no tlp ga??
    krimin ke email saya ya..
    thx y…

  25. 1. Mas, saya mau install hackintosh Hazard 10.6.6i di laptop Asus A42JC, bisa gak ya?
    2. Saya coba install iDeneb 10.5.8 di PC saya tapi kok gak mau respon ya pas ada logo apple + gambar waiting muter2 itu lo + ada gambar lingkeran coret…

    ^^
    Terima kasih…

  26. gan,minta bantuan..instal selesai. tp pas loding nongol logo apel muncul tulisan ( you need to restart your computer. hold down the power button for several seconds or press the restart button ) jd ga bs loging lg….sblmnya thank’s

  27. Saya mau install di laptop asus A43SJ
    icore 3
    ddr3 2 Gb
    vga nvidia

    ya terus pake di bios sata di set IDE. Pada saat boot muncul gmbar apple loading sama icon silang. ..
    Terus kalau sata di set ahchi kernel panic

    gemana mas cara ngatasinya. Mohon pencerahanya

  28. mohon pencerahan, saya instal iPC 10.5.6, tapi sll gagal boot, cb sy ulang spt point 2 hanya masuk sampai screen logo aplle, dan stag ga jalan2 lagi, gimana solusinya mas, tanks

  29. mas… ini saya lagi install laptop temen, tpi windowsx g bisa tembus. itu knp yach…???

  30. mas… ini saya lagi install laptop temen, tpi windowsx g bisa tembus-tembus. padahal saya sudah yakin kalau windows 7 saya itu normal, kok windowsx lek-lek pada saat bagi partisi… itu knp yach…???

  31. admin… saya tanya bsk hri slasa sy rencana mau beli laptop merk asus dan tipe A43SD multicollor processornya i5 core dsb itu bisa nggak?

Tinggalkan Balasan

 
