Hati-hati!!! perangkat tambahan dengan koneksi USB

Waduh…judulnya koq serem banget ya??

Memang serem, apalagi kalo benar2 terjadi. Artikel ini saya tulis setelah saya berbincang dengan teknisi salah satu produk motherboard terkenal. Beliau bercerita bahwa akhir2 ini banyak banget klaim atas rusaknya motherboard karena disebabkan terbakarnya chipset southbridge. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Menurut dari penelitian, beliau menyimpulkan bahwa kerusakan terbakarnya chipset southbridge dikarenakan oleh perangkat-perangkat eksternal yang menggunakan interfaces USB sebagai konektor untuk memperoleh daya. Saat ini banyak sekali peripheral yang menggunakan interfaces USB seperti yang saya jelaskan di atas, antara lain Vacum Cleaner kecil yang hanya bisa digunakan jika ada daya listrik yang didapat dengan mengkoneksikan ke laptop atau Pc dengan antarmuka USB. Lalu apa hubungannya perangkat USB tersebut dengan terbakarnya chipset southbridge nya??

Menurut analisa, southbridge chipset tersebut tidak dapat menyelaraskan daya yang ada dan daya yang diambil untuk digunakan oleh peripheral tadi. Dan satu hal lagi, peripheral-peripheral tadi tidak mempunyai sertifikasi resmi. Nah lo…

Bahaya banget kan? mungkin memang pengarunya tidak begitu besar. Ga langsung bikin rusak motherboard, tapi untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama?waduh…ga kebayang deh…

Jadi lebih baik berhati-hati dengan peripheral-peripheral yang menggunakan interfaces USB untuk sumber tegangannya.

Mencegah lebih baik bro, daripada kejadian…puussssiiinnnngggg….🙂

~ oleh gandhiprima pada 25 Januari, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: