Panduan Instalasi Pc Linux OS 2007

Panduan installasi PC Linux OS 2007, berikut ini langkah-langkahnya:

1.Booting dengan menggunakan LiveCD PC Linux OS 2007, tunggu hingga masuk ke dalam desktop,kemudian login lah dengan menggunakan account Root. Click shortcut pada desktop “install PC Linux”, jika anda tidak login sebagai Root, maka akan muncul kotak dialog yang meminta password Root untuk melanjukan proses installasi.

snapshot01-copy.gif
2.Isikan password Root, stardartnya adalah”root”, klik next untuk melanjutkan.

snapshot02_1-copy.gif
3.Langkah selanjutnya adalah memilih media sebagai tempat installasi PcLinux, jika kita akan menginstall di harddisk ide/sata pilih yang pertama, jika ingin menginstall di usb drive pilih yang kedua.
snapshot03_1-copy.gif

4.Akan muncul kotak dialog untuk menentukan partisi, ada 3 pilihan. Pilihan yang pertama kita memilih untuk menggunakan partisi yang sudah ada, pilihan yang kedua hapus partisi dan menggunakannya, pilihan yang ketiga kita dapat menentukan sendiri partisinya Pilih yang terakhir.

snapshot04_1-copy.gif
5.Pilihan yang terakhir akan menuntun kita membagi partisi secara manual sesuai dengan keinginan kita.

snapshot05_1-copy.gif
6.Langkah selanjutnya adalah kita membuat partisi untuk Linux Swap, besarnya 2x dari RAM yang terpasang, semisal RAM pada PC kita adalah 256Mb, maka ukuran swap adalah 512Mb. Perlu diingat, jika ukuran RAM lebih dari 512Mb, ukuran swap cukup dengan 512Mb. Biar ga habis space harddisk anda!!hehehe…:)

snapshot07_1-copy.gif
snapshot08_1-copy.gif
7.Setelah membuat partisi untuk swap, lalu kita akan membuat partisi sebagai mount point /home.

https://gandhiprima.files.wordpress.com/2007/12/snapshot10_1-copy.gif
8.Nah, untuk partisi yang terakhir, kita gunakan sebagai mount point / (baca:root). Setelah selesai, klik Done.

snapshot11_1-copy.gif
snapshot12_1-copy.gif
9.Semua partisi yang sudah kita buat tadi akan di format, jadi pastikan anda sudah mantap dengan partisi yang anda buat tadi.

snapshot13_1-copy.gif
10.Tunggu proses format partisi….sabar dunx bro!!slow down baby…—>kaya lagu aja!🙂

snapshot14_1-copy.gif
11.Setelah proses format tadi selesai, akan muncul jendela, apakah kita akan melakukan proses installasi, jika Ya klik Next, jika kita akan membatalkan, pilih Cancel.

snapshot15_1-copy.gif
12.Yaph, tunggu hingga proses installasinya selesai.
13.Sudah selesai, trus apa lagi?.
14.Langkah selanjutnya adalah menginstall Bootloader, bootloader yang digunakan PC Linux OS 2007 adalah Grub.

snapshot16_1-copy.gif
15.Klik Finish.
16.Eits, jangan kemana-mana dulu!, jangan lupa isikan password untuk account root.inget-inget tuh passwordnya! Hehe🙂

snapshot18_1-copy.gif

17. Kemudian buat User

snapshot19_1-copy.gif

18. Selesai dech…..🙂 gampang kan?, restart PC anda.

snapshot20_1-copy.gif

“selamat belajar….”

~ oleh gandhiprima pada 18 Desember, 2007.

27 Tanggapan to “Panduan Instalasi Pc Linux OS 2007”

  1. Hallo bos every thing Ok with all installation.
    But my modem is not detected. and how to make installation at PCLOS
    Thanks

  2. wah aku lumayan trauma dengan PCLinuxOS, kemarin instal pake CD-nya temenku yang agak error pas nginstall GRUB rusak, udah tak ganti pake LILO juga tetep nggak bisa, udah gitu Sound Card gak ke detek juga. Wah hampa terasa dunia ini.

    Masih setia dengan UBUNTU Gutsy Gibon plus 5 DVD Repo, semuanya udah lengkap kap kap kap

    Admin Says : wah……wah…pecinta ubuntu juga nie rupanya…kapan2 blh speak2 dikitlah…kembangin Ubuntu Community di Udinuzzz…hehe….thank’s bro…

  3. sebenarnya aku gag begitu mudeng linux tapi karena aku anak tkj ya mesti taulah tentang linux coz itu tuntutan pelajaran ,,,,hehehe,,,
    thankz banget da bantu aku ngerti instal linux os ne….
    congrats,,,bro….

    Admin Says : Terima kasih kembali…Belajar bersama, berbagi bersama…

  4. Salam kenal Mas Gandhi..
    Saya baru kali ini kenal yg namanya Linux. Tapi ngga tau cara pakenya ataupun cara installnya. Dari mana saya harus donlot softwarenya?
    Pada prinsipnya saya mau lain dari yang lain OS di compi ku.
    Rencana mau saya rombak habis OS di compi. Karena sudah bosan dengan XP. Tapi tentunya ada dong untuk supaya OS XP saya tdk hilang (di peti es kan aja di compi), mana tau ada kawan saya yang tidak mengerti Linux mau pinjam compi aku. Jadi tinggal panggil aja XPnya.
    Ajarin saya ya cara yg termudah belajar Linux dan cara membuat aplikasi2nya.
    Terimakasih nich atas bantuannya….

  5. Wah awalnya sudah pakai pc linux abis kalau ganti cdroom kadang gak lengkap installnya.kok pilih2…
    tapi coba aja trus brooo.. jangan lupa puji syukur 5 X kalau sukses..:))

  6. Boz, aku udah install PC Linux 2007 tp ethernet(Attansic L2 Fast) koq gak kedetect??? Apa yang harus kulakukan nih?? Minta pencerahannya dunk…

  7. aku udah pernah nginstal ubuntu n sukses tapi mengambil partisi hardisk sebnyak 50 giga…!!! kenap bisa??? trus aku juga nginstalnya dua OS..?? tolong jelasin langkah yang tepat donk..

    Admin Says : Kemungkinan anda tidak melakukan partisi secara manual, sehingga System mengambil freespace harddisk anda untuk dijadikan / .

    Coba anda lakukan partisi secara manual.
    Cara paling mudah adalah menyiapkan partisi linux melalui windows. Bisa pake Partition Magic.
    Siapkan 2 partisi, yakni partisi untuk Swap(ukurannya adalah 2x Ram), dan partisi untuk /

    Selanjutnya pada saat instal linux anda hanya tinggal format partisi yang telah disiapkan dengan filesystem linux.

    regards

  8. […] Linux OS how to installing PC Linux OS ? https://gandhiprima.wordpress.com/2007/12/18/panduan-instalasi-pc-linux-os-2007/ http://linux.or.id/node/2573 what’s pc linux os ? […]

  9. tolong sharing cara Instalasi PC Linux OS 2008..(tutorialnya)

    penting bgt….

  10. Bos, keknya tampilan pclinuxos aku beda dgn bos, wkt aku masukin login:root pasword:root, kog lgsng mnuju k desktop, truz gk muncul apa2, cm mncl kek window biasa ja! Need help ni! Klo isa mail gw ja antony_tan@hotmail.Com, thanks!

  11. hallo mas gandi..
    aku ririn..aku skulnya di TI tapi masi belum tau cara pemakaian linux…wah smpe aku di ketawain…coz hari gini g tau linux mending g isa skul di IT….tapi setelah aku pelajari ternyata aku bisa..thanx ya mas gandi…gbu..

    Admin Says : Terima kasih kembali de’ ririn..🙂

  12. mohon pencerahan untuk installl billing di PClinux os 2007

  13. mAs gandhi, bgm kalau udah jadi terus instal printer yg kompatibel pclinux os 2007 itu apa aja?

  14. Aku udah pernah coba install PC Linux 2007, tapi abis milih “LiveCD”, bootingnya jalan sebentar, trus berhenti. Diakhirnya cuma ada simbol “$”. Gimana ya kalau kayak gitu? Kalau bisa, mohon jawab ke emailku ya… Thanks…

  15. alow bro lam kenal ya. aku baru instal pclinux 2009 alhamdulillah sukses. tapi sekarang saya mau instal billingnya bingung mau pake apa. kemarin udah coba yg ccl tapi yang ada lzma. aku ga mudeng tu apa lzma. trus cara bukanya gmn? Mohon petunjuk.Thx bro

  16. salam kenal mas… skompi saya di instal 2 booting satu pclinux ama windows xp… semua baik2 aja ampe ketika window xp rusak khan di instal ulang trus linuxnya ilang tp partisinya tetep ada… itu gimana ya mas padahal di linux ada beberapa data yang penting. mohon sarannya ya mas…

  17. mas gmn cranya install fedora 10.kan paz udah diboot muncul tulisan.LOGIN HOST AND PASSWORD.itu diisi apa mas?n gmn selnjutnya?aq dah berkali kali coba install linux ubuntu,salx,fedora,mythubuntu tap ga2l.aq awam mslh linux.

  18. sebenaRnya partisi /boot diperlukan ga ya di Linux??
    gunanya buat apa?
    apakah ada pengaruhnya jika dibuat atau tidak dibuat, ketika kita hanya menggunakan OS Linux tersebut?

  19. GIMANA CARA UNINSTALL PCLINUXOS 2009 YA…?????????? TOLONG DONG AK KASIH PANDUAN LENGKAPNYA…. THANKS..

  20. nice information bung!!!! ijin copas ya!!

  21. nice tutorial

  22. Brooo….salam kenal
    Ane lagi belajar Linux,mau instal Linux yang paling mirip dengan xp,itu Linux yg mana yaa?terus dowloadnya dimana?terus gymana cara instalnya?
    Sorry banyak nanya,maklum masih oon mengenai Linux…

  23. terima kasih gan…. akhirnya sampai juga di bagian akhir panduannya dan pclinux os terinstall di kompi… makasih ya🙂

Tinggalkan Balasan

 
