Sejarah GNU/Linux

Sumber : KPLI Jakarta

Semuanya dimulai ketika seorang idealis lulusan Harvard yang waktu itu bek- erja sebagai programer di laboratorium Artificial Intelligence, Massachusetts Institute of Technology memulai proyek GNU (GNU’s not Unix) tahun 1984 dengan maksud luhur bahwa setiap perangkat lunak yang dibuat seharusnya dapat dikembangkan dan digunakan bersama-sama secara bebas. Kemudian pada 19 Agustus 1991, bak gayung bersambut, Linux Torvalds, seorang mahasiswa dari Finlandia, membuat kernel yang mirip sistem operasi Unix yang kemudian dikenal dengan nama Linux. GNU/Linux merupakan gabungan dari kernel Linux ditambah dengan aplikasi dari GNU sehingga gabungan ini yang kemudian dapat digunakan sebagai sistem operasi yang layak pakai.
Dengan masuknya kernel Linux dalam lisensi GNU (GPL), empat kebebasan yang ditawarkan oleh GPL berlaku juga untuk kernel Linux.

Kebebasan menjalankan program untuk tujuan apa saja.

Kebebasan untuk mempelajari bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhkan, dimana akses ke kode program meru- pakan prasyarat.

Kebebasan untuk menyebarluaskan kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu sesama Anda.

Kebebasan untuk meningkatkan kinerja program, dan dapat menyebarkan- nya ke khalayak umum sehingga semua dapat menikmati keuntungan.

GNU/Linux yang kita gunakan sekarang ini merupakan revolusi sistem op- erasi dimana pada 12 tahun yang lalu hanyalah merupakan sebuah mainan Torvalds diwaktu luang. Saat ini, ketika para hacker dan komunitas under- ground ikut mendukung dengan memberikan waktu luang mereka untuk mem- buat perangkat lunak pendukung, semakin lama GNU/Linux semakin ditakuti oleh para pembuat sistem operasi berlisensi proprietary seperti SCO, Microsoft,

SUN Microsystem. Bahkan saat ini IBM sendiri ikut melaju bersama-sama

GNU/Linux dengan dukungan mesin mainframe-nya.

~ oleh gandhiprima pada 17 Desember, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: