Install Linux dari LiveCD

Artikel ini ditujukan untuk newbie di dunia Linux, buat yang jago2 harap maklum yach…hehe😛

Cara installasi linux secara permanen adalah dengan melakukan boot menggunakan Cd/Dvd distro Linux yang bersangkutan, dan selanjutnya akan muncul kotak dialog yang menuntun proses instalasi.

Jika linux yang digunakan menggunaka format LiveCD, umumnya pada desktop muncul shortcut Install, tentunya setelah kita boot dengan LiveCD tersebut!:) . Dengan meng-klik shortcut tsb kita akan dibawa ke dalam proses instalasi dengan kotak dialog yang akan menuntun kita hingga proses installasi selesai.

Untuk melakukan installasi Linux, kita harus mempersiapkan sedikitnya 2 partisi kosong, satu partisi untuk Linux Swap. Besarnya Swap di Linux adalah 2x Ram yang terpasang di Pc kita. Misal Ram yang terpasang 256Mb, jadi ukuran swap yang baik adalah 512Mb. Tapi jika Ram yang terpasang lebih dari 512Mb, buat saja swap nya tetap 512Mb. Sudah cukup koq.juga tidak menghabiskan banyak space.bisa buat yang laen dech🙂. Satu partisi lagi adalah digunakan untuk Root. Di sinilah hasil instalasi Linux ditempatkan. Root dilambangkan dengan “/”. Besarnya partisi untuk Root ini tergantung kebutuhan. Seandainya kita akan menginstall banyak paket applikasi, maka sediakan space yang besar.

Membuat partisi dari Windows, dapat menggunakan Partition Magi* atau yang mirip-mirip lah. Menurut saya itu cara yang paling gampang untuk membuat partisi..

Sekian dulu artikelnya. Ada yang mau nambahin??

~ oleh gandhiprima pada 16 Desember, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: