Install Applikasi lewat Synaptic Package Manager

Menginstall applikasi tidak selalu harus melalui console, tetapi bisa juga melalui applikasi yang berbasis GUI, salah satunya Synaptic Package Manager. Kita bisa download applikasi yang ingin kita install melalui situs penyedianya, ataupun dengan Dvd Repo yang kita punya. Kalo belum tau cara nambah index package menggunakan Dvd Repo, silahkan lihat artikel sebelumnya. Penulis anggap anda sudah paham menggunakan Synaptic Package Manager. Pembahasan kali ini adalah menginstall applikasi melalui Synaptic Package Manager. Lihat tampilan berikut ini :

screenshot-1.jpg
Kotak kosong yang belum di checklist berarti applikasi tersebut belum terinstall. Apabila kita ingin menginstall applikasi, kita bisa menggunakan fasilitas search untuk mencari dahulu letak package instalasi file tersebut. Contoh di bawah ini adalah menginstall splash Ubuntu tambahan. Kita bisa gunakan fasilitas search, atau kalau anda sudah tau file apa yang akan di install, langsung saja klik pada nama file, dan pilih check for instalation.

screenshot-8.jpg

screenshot-8.jpgitu klik Apply untuk melakukan perubahan, akan muncul kotak dialog konfirmasi tentang applikasi yang akan di install, dan file-file dependencies yang akan ikut terinstall. Pada umumnya, setiap applikasi membutuhkan file-file lain untuk proses instalasinya. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Yupzzz… anda sudah dapat menggunakan applikasi yang sudah anda install. Bagaimana untuk menginstall applikasi yang lainnya?? jawabannya seperti langkah-langkah di atas.

Selamat mencoba🙂

~ oleh gandhiprima pada 5 Desember, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: