Memahami Pencahayaan

Memahami Pencahayaan

1. Tiga Jenis Pencahayaan
Pencahayaan dapat langsung kearah subjek pada tiga arah yang berlainan. Dengan memahami efek pencahayaan ini anda dapat mengurangi kesalahan memotret dan anda dapat menempatkan keindahan efek cahaya pada foto anda

2. Pencahayaan Depan
Cahaya datang berada dobelakang kamera, sehingga cahaya langsung kearah subjek. Pencahayaan dari depan ini adalah hal yang paling umum dilakukan pada saat memotret.

3. Pencahayaan Samping
Cahaya datang disamping atau sisi subjek. Pencahayaan samping ini cenderung menghasilkan cahaya dengan bayangan subjek, sehingga menghasilkan efek 3 dimensi pada subjek. Dibutuhkan sedikit keahlian dan pengalaman delam mengendalikan pencahayaan samping ini.

4. Pencahayaan Belakang
Cahaya datang dari belakang subjek dengan kata lain cahaya berhadapan langsung dengan kamera. Memotret pada posisi ini akan menghasilkan bayangan pada subjek, maka teknik yang paling mudah untuk menghilangkan bayangan pada subjek itu adalah dengan menghidupkan lampu flash pada kamera.

5. Perubahan Alami Cahaya
Intensitas cahaya dapat selalu berubah-ubah yang disebabkan oleh musim dan cuaca. Anda harus dapat sedikit memahami perbedaan dasar antara cahaya alami dan cahaya buatan.

6. Waktu Siang hari (cuaca cerah)
Cuaca cerah pada siang hari adalah sumber cahaya yang paling membantu dalam memotret. Tetapi sumber cahaya ini juga dapat menimbulkan bayangan pada subjek. Untuk menghilangkan efek bayangan tersebut perlu dihidupkan lampu flash atau menggunakan reflektor.

7. Mencoba menggunakan Reflektor
Dengan merefleksikan cahaya pada sisi bayangan subjek akan mengurangi bayangan yang tidak diinginkan dan dapat menghasilkan gambar yang lebih alami. Cobalah menggunakan sepotong papan putih atau pakaian.
8. Waktu Siang hari (berawan/gerimis/mendung)
Cahaya pada saat kondisi berawan terlihat lebih redup atau soft dibanding pada cahaya pada cuaca cerah. Anda dapat membuat foto yang ideal dan menarik pada kondisi ini tanpa adanya gangguan bayangan pada subjek.

9. Cahaya Buatan
Lampu rumah biasa dapat memberikan hasil foto dengan kesan hangat

Tip :
Perhatikan : Cahaya matahari dapat berubah, bukan hanya arah tetapi warnanya. Warna putih pada saat siang hari, agak kuning pada siang menjelang sore, dan warna orange saat matahari terbenam.

10. Menggunakan Lampu Flash
Lampu flash tidak hanya digunakan pada saat gelap. Setiap orang sudah mengetahui kegunaan lampu flash pada kamera. Lampu flash juga dapat memberikan kilau pada foto, bila digunakan pada cuaca cerah, karena dapat menghilangkan bayangan pada subjek.

11. Menghilangkan Bayangan hitam
Memotret dibawah pohon-pohon dan tempat-tempat teduh walaupun pada cuaca cerah, juga dapat menghasilkan bayangan hitam pada subjek. Untuk menghilangkan bayangan hitam pada subjek, perlu dihidupkan lampu flash pada kondisi tersebut.

12. Pengaruh Cahaya Belakang
Cahaya belakang dapat menghasilkan foto yang indah, tetapi anda harus perhatikan bahwa wajah subjek akan terlihat hitam karena kurangnya cahaya dari depan. Maka pada kondisi seperti ini perlu dihidupkan lampu flash untuk menambah cahaya dari depan.

13. Mengetahui Daya Jangkau Lampu Flash
Semua lampu flash memiliki daya jangkau terbatas. Diluar jangnkauan tersebut intensitas cahaya akan menurun. Dengan menggunakan film ISO 400 pada kamera saku, daya jangkau lampu flash bisa mencapai 4 m

Tip :
Perhatikan Posisi lampu selalu berada dibagian atas. Ketika memotret secara vertikal, perhatikan lampu flash kamera selalu berada dibagian atas, hal ini akan menghasilkan foto yang lebih alami.

~ oleh gandhiprima pada 2 November, 2007.

Satu Tanggapan to “Memahami Pencahayaan”

  1. terima kasih yah …
    jadi nambah ilmu untuk belajar photography

    Admin Says : Terima kasih kembali mas. Suka photography juga ya mas…hehe🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: