Tips merakit PC

Banyak orang yang bisa dikatakan “melek” komputer, tapi tidak sedikit juga orang yang mengaku “orang IT” tapi tidak mengerti komputer. Lho koq bisa gitu?? Contoh sederhananya, banyak orang yang berkecimpung di dunia IT, bahkan saya pernah menemui seorang dosen yang saya kira sangat sarat pengalaman tetapi kebingungan karena cdrom nya tidak terdeteksi oleh windows. Setelah saya cek, ternyata hanya kabel ide cdrom yang tidak terpasang sempurna. Ada lagi contoh yang paling membuat saya geli, ketika seorang dosen membeli sebuah notebook baru merk ternama. Pada bundle pembelian tertera bahwa notebook tersebut telah disertakan dengan operating system Windows Vista. Tapi apa yang terjadi?? sang dosen menerima notebook tersebut dengan sistem operasi windows Xp yang telah tertanam di notebook tersebut. Celakanya lagi, dosen tersebut tidak menyadari bahwa telah “dibohongi” oleh si penjual. Dan dengan entengnya si dosen menjawab ” wah laptop saya ini bagus, applikasi yang terinstall sudah lengkap “. Wikikikik…ternyata belum menyadari juga, padahal pada sisi dalam notebook nya ada sticker sertifikasi Windows Vista. Sudah tertipu malah bangga!!ada-ada saja… :)

Akan kita bahas kali ini tips dalam merakit pc, baik yang merakit sendiri ataupun pesan berupa paketan sesuai dengan spesifikasi yang diminta. Sekali lagi tips ini sangat berguna untuk mencegah terjadi Penipuan. hehe…. :)

Apa yang pertama kali harus diperhatikan dalam perakitan sebuah PC ?

  1. Rencanakan PC dengan kebutuhan anda.Misal anda seorang designer grafis, tidak mungkin merakit PC dengan processor celeron. :)
  2. Ketahui dengan seksama mengenai hardware yang anda pilih. Misal anda ingin menggunakan processor Intel Core2Duo, maka harus memakai motherboard yang support penggunaan 2processor. Karena tidak semua motherboard support untuk dual processor.

Berikut ini adalah langkah- langkah dari pemilihan motherboard, sampai dengan…….

Motherboard :

  • pilih motherboard sesuai dengan processor yang ingin anda gunakan. Jangan sampai kejadian, anda menggunakan processor AMD, tetapi anda membeli motherboard dengan socket LGA 775. Ga mungkin bisa terpasang…hehehe
  • Jangan terlalu terpaku dengan nama besar pabrikan/ merk. belum tentu yang mahal kualitasnya baik.
  • Baca detail spesifikasi motherboard, apakah telah terdapat SATA interfaces, PCI Express, karena kedua interfaces inilah yang akan digunakan sampai beberapa tahun ke depan. ATA interfaces dan AGP sudah mulai ditinggalkan.
  • Perhatikan kapasitas maksimum dari memori yang dapat dipasang. Siapa tau di kemudian hari anda akan melakukan upgrade.

Processor :

  • Processor layaknya otak manusia. Di sinilah peran yang paling vital.
  • Pilihlah processor sesuai dengan kebutuhan. Apakah Core2Duo, AMD, Celeron?
  • Perhatikan juga L2 Cache processor, semakin besar L2 cache, kinerja yang dihasilkan semakin baik.

Memori ( RAM ) :

  • Memori juga berperan penting untuk meningkatkan kinerja sistem.
  • perhatikan juga  jenis memori, apakah DDR2 atau DDR1. Salah-salah motherboard anda menggunakan DDR2, tetapi anda membeli DDR1. :)

Harddisk :

  • Jika anda membutuhkan space penyimpanan yang besar, maka pilihlah harddisk dengan kapasitas yang besar.
  • Perhatikan juga RPM nya, semakin besar RPM, maka waktu akses harddisk semakin cepat.

VGA :

  • Jika anda menyukai game, maka perangkat ini wajib terpasang di dalam pc anda. Namun, apabila anda hanya menggunakan PC untuk pekrjaan office, perangkat ini tidak begitu diperlukan.
  • Perhatikan juga, apakah menggunakan interfaces AGP, atau PCI express.
  • Pastikan juga, apakah VGA memerlukan daya tambahan. Jika iya, maka anda harus memakai power supply dengan daya yang besar.

Drive Optic :

  • Saat ini DVD-RW merupakan pilihan yang utama, selain karena fungsionalitasnya, tetapi juga karena harganya yang sudah sangat terjangkau.

Casing :

  • Banyak orang yang menilai PC dari casing nya. Jika casing nya bagus, berpikir bahwa itu adalah sebuah PC hebat. Buang jauh2 pikiran tersebut.
  • Yang perlu diperhatikan dari casing adalah air flow nyaAliran udara yang bagus akan menjaga suhu udara di dalam casing lebih adem.
  • Yang terpenting bukan casing nya, tetapi ” yang ada di dalam casing “

Monitor :

  • LCD atau Monitor biasa?. LCD lebih sedikit mahal akan tetapi sangat hemat energi.
  • Pilihlah sesuai dengan budget anda…

Nah, semoga tips di atas dapat membantu anda untuk merakit sebuah komputer, juga sebagai jaga-jaga biar ga dikibulin ama penjual…hehehe :)

~ oleh gandhiprima pada 5 Februari, 2008.

140 Tanggapan to “Tips merakit PC”

  1. boss, kita baru ngerakit pc dengan rincian motherboard ASUS P5GC-MX (ATA BUKAN SATA) Terus DVD-RW (ASUS), LCD LG FLATRON, PROSESOR CORE2DUO, RAM 1 GIGA, HADDISK 160 GB, memory card pakai GeForce Series 256 MB BAGUS GAK BUAT KOMPUTER HOME, buat main game yang tiga dimensi, kami mohon saran, terima kasih sebelumnya kami ucapin….

    Jawab :

    Dengan spesifikasi yang anda uraikan di atas, untuk sekelas komputer rumahan sudah sangat bagus. Supaya mendapatkan hasil yang lebih “hebat”, bisa dengan menambahkan 1 keping lagi DDR2 RAM, sehingga memori menjadi kanal 2, atau yang dikenal dengan dual memori. Dengan dual memori, kinerja yang dihasilkan lebih baik, apalagi dikhususkan untuk bermain game 3D terbaru. Sayang sekali anda tidak menjelaskan lebih rinci spesifikasi nya. Seperti serie vga card, spesifikasi processor ( clock frekuensi dan L2 Cache ). Untuk mengetahui kinerja PC rakitan anda, anda bisa menggunakan applikasi pihak ketiga, seperti sisoftsandra. Untuk mencobanya, silahkan download di sini..Terima Kasih

  2. Halo.gw gamers pemula yg lg belajar tentang ngerakit komputer.
    Gw punya PC dgn spec:
    -dual core 3Ghz
    -Mobo FOXCON SATA,PCI-E.
    -HDD SEAGATE 80GB+160GB.
    -RAM kingston 6400 1GB.single.
    -VGA Sparkle 8500GT 256mb 128bit
    -Casing ENLIGHT 400Watt.
    Yg mau saya tanyakan. Apa kelebihan dan kekurangan PC saya? Mengapa kalo lagi maen game,kalo lg rame tembak2an suka rada nge lag? Trims ya.

    Admin Says : Dari spek yang anda sebutkan di atas, saya kira sudah sangat mumpuni. Tetapi informasi yang anda berikan kurang detail sehingga saya kurang dapat menganalisa. Yang perlu diperhatikan adalah, gunakan harddisk dengan RPM tertinggi sebagai primary dan System. Jangan campurkan catuan daya dari powersupply untuk harddisk dan kipas secara bersamaan. Untuk hasil yang maksimal, tambahkan lagi 1keping DDR2 1Gb pc6400.

    regards

  3. seberapa besar pengaruh RAM pada saat bermain game? gw pake casing Enlight 400watt pure. gw rencananya mau tambah RAM 1GB PC 6400 seperti yang anda sarankan dan mungkin akan mengganti VGA dengan Gygabite 8600 512Mb 128 bit. Yang ditakutin,PSU saya ngak bisa nopang itu semua. apa harus beli pSU lagi? karena hardisk gw pake 2 slot.

  4. Salam kenal Pak,
    mohon petunjuk. Saya sedang berencana untuk merakit sebuah pc dengan 1 cpu yang dapat dihubungkan dengan 3-6 buah monitor LCD. Pc di maksud hendak saya pakai untuk bertransaksi saham secara online dan real time. Sekarang ini saya berdagang dengan menggunakan lap top. saya ingin agar tiap monitor dapat menampilkan 1 buah saham sehingga untuk 6 buah monitor itu, dapat memonitor pergerakan saham secara bersamaan.

    Pertanyaan saya, spesifikasi komputer seperti apa (jeroan nya) yang harus saya beli untuk merakit komputer tersebut (dari mother board, memory, soundcard, kartu grafis(berapa banyak), RAM, dll.
    Layar monitor lcd saya rencanakan wide screen, kisaran 17-19 inci.

    Terima ksih untuk advisnya, mohon maklum saya ini bukan ahli komputer.

    Admin Says : Sudah saya balas ke email anda. Terima kasih

  5. aku dapet tugas..

    disuruh menjelaskan isi dari motherboard..
    boleh kasih tau gk.. penjelasan dari bagian2 motherboarnya..

    plz..
    bantu aku..

    kirimin aja jawabannya lewat email.. jhimme_24@yahoo.com

  6. Halo. Gw nanya lg ni. Gw punya Mobo foxcon seri P9657AA.SOL SERIES. DDR 2.PCI EX. Gw rencana mau ganti OS dari XP ke Vista. Tp di buku manual dan casing mobo,tertulis “design for XP” apa gw harus ganti mobo kalo mau ganti OS. Ato gw cuma butuh nyari driver terbaru dr Mobo gw? Thx ya..

    Admin Says : Anda tidak perlu mengganti mobo anda, cukup dengan download driver mobo untuk vista. Terima kasih kembali…

  7. Hallo salam kenal,
    Aku berencana membuat usaha warnet. Aku mau warnet tsb selain untuk browsing juga bisa digunakan untuk games, musik alias untuk multi media. Maklumlah skr kan lg banyak yg suka game online. Kira-kira spesifikasi PC seperti apa yang cocok untuk warnet tsb? Jawabannya harap dikirim via email aja ya bos. Thanks atas saraan-sarannya.

  8. aq punya komp. dengan spek:

    Mobo ASUS P5SD2-VM
    SouthBridge dan NorhBridge dr SiS (lupa Seri)
    HardDisk SATA 260 Gb (kalo gak 260 y 250 Gb)
    Ram 2 GB x 1 dari VisiPro (lupa seri, 800Mhz)
    Core2Duo E4700 2.6 Ghz
    nVidia 7300GS
    onBoard VGA dari SiS
    KeyBor dan Mice dr Logitech
    Power 450
    Windows Vista Ultimate & XP Profesional (2-al boot)

    kalo mau gaming yang experience (tapi budget cuman 2jt-an) apa yang harus di-Upgrade (krn setidaknya u/ main Neverwinter Nights 2, kalo bisa agar bisa main Crysis).

    Karena mungkin, saya seperti dosen anda, bisa programming (kalo saya bisa VB6, VB2008, VB2005, dan sedikit PASCAL, dan tidak sama sekali AJAX), saya tidak bisa bahkan tidak tahu mengenai Hardware, Tuolong buangetz.

    Kalo bisa sama kirimin ke email aku (atau sekedar untuk notifikasi klo balasan qw udah dibales)

    Admin Says : Sudah saya balas ke email anda. Regards

  9. q punya spek kompi :
    Mobo Gigabyte GA-MA69VM-S2 (690V+SB600,2000,DC D2 800,V,Pcx,R)
    PC Athlon64 X2 4400+ Dual Core
    HD 80 Gb sata
    Ram 1 Gb visipro pc5300
    vga onboard ati radeon X1200 up 2 256 Mb
    casing Simbadda Sim-X 380W
    Windows XP Profesional
    kalo buat game kok masih LOLA napa yach…….
    help me….

    Admin Says :
    Game seperti apa dulu yang anda mainkan? kalo hanya sekelas CS pasti ga ada masalah, tapi kalo main Call Of Duty 4 baru deh lola.. VGA anda perlu diperhatikan, masih onboard, kalopun up2 256Mb tentu saja harus berbagi memori dari RAM. RAM anda juga masih pakai PC5300, maksimalkan dengan PC6400, kalo perlu dibikin dual channel. Regards

  10. saya punya pc yg build up tapi saya ingin mengganti processor saya dari celeron ke core2duo.Bisa g? saya juga ingin upgrade memory sama harddisknya.Bisa g? Thanks

    Admin Says : Untuk upgrade Processor yang perlu diperhatikan adalah socket procesornya. Jika socket processor anda LGA775, maka bisa diganti dengan Core2Duo. Upgrade Memory pastikan apakah DDR1, DDR2, atau bahkan DDR3? Kalo upgrade harddisk ga ada masalah, tinggal pasang saja. Untuk memastikan apakah motherboard anda support sata, cek pada motherboard. Jika support SATA, gunakan harddisk SATA saja. Regards

  11. maap pak.. saya mau tanya..
    ini spesifikasi pc saya..
    Dual Core 2.0 Intel
    mother board asus p5sd2-vm sis 672 onboard vga
    memori 1 gb
    hdd seagate 80 gb sata

    untuk game rf online dll semua bagus.. tetapi kalo saya pakai buat main ayodance game.. yg muncul cuma bayangan. atau pas lagi main id cuma bayangan aja..

    saya juga punya pc yg spesifikasi nya sama seperti di atas cuma beda motherboard asus p5gcmx/1333 intel. untuk main ayodance bagus..
    apakah saya ada kesalahan install untuk p5sd3-vm nya pak.. ?
    mohon tanggapan

    Admin Says : Kemungkinan paling besar masalah ada pada VGA onboard anda. Mungkin VGA onboard anda tidak support Game yang anda sebutkan di atas. Regards

  12. KEREN

  13. Saya ingin tanya apakah mobo saya ASUS P5GD2-X
    support untuk processor core2 duo,sebelumnya sy menggunakan processor pentium 4.
    Klo saya liat manual booknya specnya spt ini
    LGA775 socket for intel Pentium/Celeron processor
    Compatible with intel PCG 04B/04A processor
    Supprot intel EM64T,EIST,Hyper Threading Technology.
    FSB 800/533 Mhz
    Memory dual chanel 2×240 DIMM
    600/533/400 MHz DDR2

    Sebelumnya sy menggunakan 2×256 Twinmos DDR2 PC 4300.
    Apakah bisa sy upgrade menjadi 1GB PC 5300?
    Mohon bantuannya,
    Terimakasih.

  14. bole tanya nich? thx b4
    saya beli build-up Acer Aspire M1100; processor amd athlon 64 3500+; RAM 512 MB; VGA Onboard ati x1200 (tipe motherboard tak diketahui, kata penjualnya “mainboard acer”)
    kmaren waktu processornya mo di upgrade jadi amd athlon x2 64 4400+, kata teknisinya gak bisa karena suka crash, dan karena kompinya bulid-up
    benar ga yach?
    kenapa bisa begitu?
    terima kasih untuk jawabannya…

  15. siang boss…..saa monanya nih…saya pemula banget dan pengen ngerakin PC,,,,untuk pentium 4,memmory 512,HDD 70 gb….
    kira2 bagusnya:
    Motherboard yang gimna yah??????
    VGA yang gmna yah?
    Casing merk apa?
    power suply yang berapa bagusnya?
    dan ini tuk 24 jam penuh,,,kira2 fannya gmna?

    saya minta tolong infonya dan kerja samanya saya ucapkan banyak terima kasih,,,,,

    email ke dexanb@yahoo.com

  16. tutorial cara merakit PC nya kpn?
    terutama panduan/detail soal pemasangan kabel pin/led/reset/dll
    thanks

    Admin Says : tutorial merakit pc? tunggu saja artikel saya selanjutnya ;)

  17. Salam kenal pak.. Saya mo tnya. Gimana cara mengetahui mobo yg cocok untuk suatu prosesor? Saya bulan depan berencana mau beli komputer Core solo ato Dual Core.. Dana tersedia 4,5 juta. HDD 80GB, RAM 512 MB yang cocok prosesornya merk apa? Sebenarnya sih cuma untuk rumahan tapi juga punya cita2 buka rental ketik.. Apa betul mobo yang bagus ASUS? Tolong jelasin spek yg cocok untuk merancang komputer saya. Kalo bisa sama seri2nya..dikirim ke email saya ya.. Kulo aturaken matur nuwun (saya ucapkan makasih…)

  18. Halo pak..saya mau tanya. Saya mo beli kompter rakitan dg spek dual core, hard disk 80/ 160GB, untuk ngetik harian,olah data dan selingan game.. Baiknya gimana ya? Pengen juga pake LCD tp dana cm 4,5 juta. Mohon referensinya. Makasih.

  19. Gw mo nanya Bos.
    untuk usaha warnet specs comnya yg bagus gimana, tetapi bugdetnya gak mahal (2jutaan cpu doang). Selain bisa browsing juga bisa main game online spt RF, MU, Ayodance dll. Ada yang bilang AMDsempron L.E bagus dan murah, apa benar begitu?

    Sebelumnya Trimakasih untuk sarannya.

  20. Bos PC Saya Speknya ini Nih
    Mobo: ASUS P5GC MX/1333
    Intel[R] Pentium[R] D CPU 2.80GHz
    HDD WDC 160GB SATA
    Kingstone 1GB DDR2 PC 5300

    Pake Komp Bukan Buat Game Seh, Tapi Sering Edit2 Vdo

    Jd Gimana Bos Speknya?? Apa Ada Yg Kurang BAgus Atu Yg Ga Compatible??
    Kl Masalah Prosesor Seh Tadinya mo Core2DUo
    Tapi Wktu Itu Lg MAhal, Jd beli itu aja deh

    Nah Masalahnya GIni Bos, Tu PC baru 8bulan Uda Suka Hang
    Kayanya Mah RAMnya tuh
    Suka Restart Sendiri, Udah itu Wkt Dinyalalin ga bisa masuk k desktop, tapi muncul layar item yg ada tulisan Safe Mode, Safe WitH Command Promp, Terus Ada Option Start Windows NormallY Kalo kita ga tw penyebabnya apa

    Wktu Itu Saya Pernah Coba Pindahin RAMnya ke Slot Sebelahnya, Tapi tu komputer normalnya cuma 1hr doank, besoknya yah gitu lagi
    Jadi Apa Yg Salah ni??

    Mohon BAntuannya
    Thx

    Email Kyokolie@yahoo.com

    Admin Says : wah kalo untuk editing, spek anda masih sangat kurang. Kalo pun bisa pasti lama loading nya. Apalagi kalo anda pakai Edius untuk editingnya. Processor perlu anda update, RAM sebaiknya gunakan Dual Channel. Harddisk saya sarankan upgrade ke kapasitas yang lebih besar, bisa 250Gb atau 320Gb. Kenapa harddisk perlu ditambah? karena file avi dari transferan camera tentu memakan space harddisk yang sangat besar. Kalo cuma 160Gb saya rasa masih sangat kurang. Saya sendiri juga punya usaha Video Shooting dan Editing. Spek saya Intel Core2Quad Q6600, Kingston DDR2 2X 2GB, GeForce 8800GTX, Seagate 320GB SATA 4buah, mobo Gigabyte X48.

    Layar hitam yang anda maksud akan otomatis muncul jika shutdown berjalan tidak normal. Mungkin software editing anda ada yang crash dengan hardware sehingga sering hang

  21. Mnta bntuan na ya…Kk q bingung nih….q berencana mau ngerakit CPU khusus game online(RF Online)..tpi hnya pnya budget cman 3jta…bisa g kk?trus apa saja yg hrus q beli?oiya kk klu spesifikasi
    -CPU Intelcore2duo E4400

    -mainboard abit LG-95

    -RAM DDR2 Kingston 1GB

    -VGA Zotac 7600GS 256Mb

    hardisk seagate 80GB SATA II..

    Kk tlong jwb ya..please..klu bisa jawab na di email q ja..

    Panggihpunk@yahoo.com

    Admin Says : Dengan spesifikasi yang anda sebutkan, PC anda sudah bisa untuk menjalankan RF

  22. Oiya lupa kk..e….spesifikasi yg saya sebutkan tdi bisa g untuk main RF Online?q bingung bget kk….

  23. Minta Bantuanya Dong Ya… Aq punya CPU:
    spec:

    -motherboard ASUS P5SD2-VM
    -Procesor Dual Core 2..80 GHz
    -RAM DDR2 Kingston 2GB
    -Hardisk Seagate 160 GB
    -VGA WinFast GeForce PX7100 256
    -WINDOWS XP SP3
    -DIRECTX 9
    -PSU 380 watt

    tolong dong kasi tau spec yg kurang soalnya kalo maen game suka mecet-macet apa lagi maen Grand Theft Auto IV PC
    Truzz kadang suka ngehang sendiri githo
    Tolong ya PLEASE….
    jawab ke aritia_vialdo@yahoo.com

  24. Mohon bntuannya….maklum saya tidak mahir dalam IT, Saya mau merakit PC, spek apa yg hrs sy gnakn dg budget 5jt maux procs AMD tz tu PC bwt Game sekelas PES 2008 dsb…yg lngkap ya…blz di Jbasth@gmail.com…trimakash atas bntuanx..

  25. om, mo tnya spek kompi buat game jaman skrg! kr2 budget 4,5jt.. Thx rep d sini aje y

    Admin Says : Budget 4,5jt? bisa saja.. spesifikasi sbb :

    CPU = Intel Core2Duo E4600
    Mobo = Gigabyte 945GCM
    Ram = DDR2 512Mb X 2keping
    vga = Nvidia 8500GT
    Harddisk = 250Gb Seagate
    Casing = SimCool Simbadda
    Monitor = LCD LG 15″

  26. mohon bantuannya.
    kaLAu mau ngrakit pc buat game tp budget cuma 2,5 jt kira2 cukup apa tdk ya?kLo cukup spesifikasi yg harus saya beLì apa?
    monitor n audio outputnya sudah ada.
    mohon kirim ke email saya:
    argarock@gmail.com
    trims

  27. mohon bantuannya.
    kaLAu mau ngrakit pc buat game tp budget cuma 2,5 jt kira2 cukup apa tdk ya?kLo cukup spesifikasi yg harus saya beLì apa?
    monitor n audio outputnya sudah ada.
    trims

    Admin Says : Wah dengan budget segitu sangat sulit untuk mendapatkan PC Gamers. Bisa saja 2,5jt mendapatkan Spesifikasi Intel Dualcore, tapi dengan catatan minus monitor.. ;)

  28. saya punya komp . yg ber spek sudah matang untuk game ayodance , tapi masalahnya . komp saya itu memakai vista . apakah vista bisa memaikan ayodance ? tolong balas . di email : sikecil@ymail.com

  29. pak.kalo mObo ny cuma suport sampe pci-x 4 tp dipasang vga yg pci-x 16 .Knapa koq memOry clockny jd tUrun?penjelasan ny gmN pak?matUr nuwun

    • Memory clock yang tercantum pada box atau spesifikasi akan berjalan maksimal jika terpasang pada PCIeX 16X, jadi walaupun dipasang pada PCIeX 4x akan tetap bisa berjalan dengan konsekuensi memori clocknya tidak bisa maksimal..

  30. emmm,,,,lam knl mas ku murid di salah satu smkn di sukabumi saya mo nanya bagaiman caranya biar kita tuh tau bahwa sebuah hardware komputer compatible pa gag misalkan kita punya spec hardware saya tuh-motherboard ASUS P5SD2-VM
    -Procesor Dual Core 2..80 GHz
    -RAM DDR2 Kingston 2GB
    -Hardisk Seagate 160 GB
    -VGA WinFast GeForce PX7100 256
    -WINDOWS XP SP3
    -DIRECTX 9
    -PSU 380 watt
    gi mna tuh maaf yah bila pertanyaan saya ni membingungkan karena saya hanyalah orang yang baru tahu masalah dunia it mohon bantuan nya saya pengen sekali jadi tekhnisi komputer sekalian mas ada tips gga ,,,,he,,,he di tungu ya jawaban nya harap langsung ke alamat email ini za yah mas, adin.saepudin46@gmail.com

  31. saya ardy..
    saya mau bertaya saya ingin komputer yang capat, kapasitas memori besar, bisa bermain games besar..
    yang saya ingin kan spek pc saya:
    core 2 duo
    vga 1G
    hardisk 320Gb
    ram 4Gb (2 keping)
    sound card bgus
    pwer supply 500 watt

    yang saya ingin tayakan, kira2 merek ap saja dan seri tau tipe apa saja
    karna saya ingin merakit komputer….mohon bantuannya…
    perkiraan menghabiskan biaya brp yaaa
    trima kasih sebelum nya
    thanx bgt paa
    email saya: yudhit_sakti@yahoo.co.id

    • Admin Says : Budget anda berapa? kalo anda tidak terhalang masalah budget, spek di bawah ini semoga bisa menjadi acuan.

      Motherboard : Gigabyte EX-38DS4
      Processor : Intel Core 2 Duo E8400
      Harddisk : Seagate 320Gb Sata 7200RPM
      Ram : Kingston 2Gb x 2keping
      VGA : GeForece 9600GT 512Mb 256bit DDR3
      Soundcard : Audigy Value 7.1
      Powersupply : Simbadda 500watt blue fan

  32. upss lupa
    kira2 ap yang kurang dr spek saya yang di atas
    terima kasi bgt yaaa paaa

  33. slam knal mas. . Sya pny spec. .

    Inter quad 9550 2.83ghz
    Ddr2 corsair twin2x2048 6400 c4dhx
    Hdd seagate 1TB sata II 32mb
    M0b0: asus stiker II extreme
    Psu g!gbyte superb 460wt
    Pci X Digital aliance gtx 260 896 mb 448bit ddr3
    Bwd overclock tngg! Bhaya g. ?

  34. ya agak d0wn dkit. . .
    Kalo bwd yg tngg!2. .
    Oh iy c0oler ny jg dh dignti tp lupa apz merk n seri ny. .
    Tp ad pngatur ny. .
    Trimaksh sblm ny. . .
    Pliz bgd yh dik0mentarin. .

  35. saLam kenal Mas..
    Aku mau tanya biasa anak awam Untuk AMD Phenom X4 9950 dengan Intel Core 2 Quad etreme QX 6700 bagus mana? Trus Untuk VGA Punya Mas Admin 8800GTX extreme dengan ATI HD4670 512 mb DDR3 bagus mana cz lg mau beli Tp bingung neh bagus yg mana untuk Game..??
    Tolong Di reply ya ..
    Regard’s

    • Admin Says : Kalo ditanya bagus mana itu jawabanya relatif :). Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalo untuk game, saya sarankan pake 8800GTX

  36. pa saya mau bertanya tentang VGA.. lebih bgs mana 1Gb,128bit..apa 512Mb, 256bit…ohh iya DDR3/DDR2 pengaruhnya beda sekali tidak..
    bit itu maksudnya ap yaa?
    yang menentukan ngeleg,apa tidaknya games atau grafis dipengaruhi oleh apa yaa paaa????
    terima kasih….

  37. pa kompie saya dualcore 1,6 Ghz ,MB asus P5GC-MX,RAM 4 Gb,saya mau upgrade proc core 2 duo,saya baca di manualbook mobo katanya core 2 duo sampai maximum speed 800 mhz fsb, maksudnya apa ya? trus proc core 2 duo yg rekomend seri brapa ya pa utk mobo sy…maaf gaptek sy
    tks

  38. aku yudi, mau tanya dungs…
    TOSHIBA SATELLITE M305D-S4830,
    dgn spek. proc AMD TURION ULTRA 64 x2 2.1 gb, RAM 4gb, VGA ATI Radeon 3100 256 mb @ 1918 mb (mksudnya apa y??), harddisk 250 gb..
    kira”, laptop qu masuk kategori apa? (Low,Mid,High)

    1. cepat panas ga yaaa??klo sama intel lebih cepet panas mana? karna saya sering sekali memakai komputer dan bisa seharian..lebih baik intel ap amd??dan lebih kuatan mana ketahanan nya?
    2. kecepatan nya lebih cepat mana
    -intel core 2 duo 2.0GHz, 2MB L2 Cache, 800MHz FSB), dengan
    -AMD Turion™ ultra 64X2 Dual-Core Mobile Processor ZM-80 2.1Ghz, HyperTransport™ 3: up to 3
    3. punya refrensi ga bli dimana yang murah..gw dpt harga Rp.9,350,000.00
    5. ada yang punya refrensi ga saingan Toshiba Satellite M305D-S4830…Tapi dengan badget 9 – 9,5Jt..
    6. ga ada yang bergaransi infokom yaaa…
    tolong bantuan nya yaaa
    thanx bgt …

  39. Mas, mw nanya nih. Spek kompi yg bgs utk game ‘Crysis’ apa ya?
    Budget saya 4 juta. Mohon bantuannya.

    Klo bisa balasannya dkirim ke mikog26@gmail.com

  40. Salam kenal..saya punya pc dgn spec pentium 4 2,66GHZ dgn mainboard asus P5V800-MX, vga agp ATI 9250 128MB, RAM 1GB DDR1. yg saya mo nanya, saya mo ganti vga cardnya dgn soket PCI expres 512MB bs ga,didlm mainboardnya uda ad slot PCI expresnya? klo mainboardnya jg saya ganti dgn coreduo bs ga? dan jg klo bs anatara VGA G-Force dgn ATI mana yg bagus…trima kasih

    • hah ? mobo jadul itu preview asus P5V 800-MX nih

      Manufacturer
      ASUS Computer Intl

      Manufacturer Part # P5V800-MX
      Form Factor
      Micro ATX

      Dimensions 9.6 in x 8.6 in
      Max Bus Speed 800 MHz
      Compatible Processors Celeron, Pentium 4, Pentium D
      Storage Controller ATA-133, Serial ATA-300 (RAID)
      Audio Output Sound Card – 5.1 channel surround
      Networking Network adapter – Ethernet, Fast Ethernet
      Features ACPI support, DMI 2.0 support, WfM 2.0 support, ASUS MyLogo, SMBIOS 2.3 support, ASUS EZ Flash
      Interfaces 1 x parallel – IEEE 1284 (EPP/ECP) – 25 pin D-Sub (DB-25)
      1 x serial – RS-232 – 9 pin D-Sub (DB-9)
      1 x audio – line-out
      1 x keyboard – generic – 6 pin mini-DIN (PS/2 style)
      1 x mouse – generic – 6 pin mini-DIN (PS/2 style)
      1 x network – Ethernet 10Base-T/100Base-TX – RJ-45
      4 x Hi-Speed USB – 4 pin USB Type A
      1 x storage – floppy interface – 34 pin IDC
      1 x display / video – VGA
      Software Included ASUS PC Probe, ASUS Live Update

  41. tolong berikan contoh spec untuk pc yang bisa di gunakan untuk design dan game…dong,menurut anda baik.

    • Admin Says : Intel Core2Duo E7400, Mobo Gigabyte G31, DDR2 2Gb Dual Channel, VGA Geforce 9600GT, Harddisk Seagate 640Gb Sata. mantappp :)

  42. Bos, salam kenal. Aku merencanakan merakit pc untuk keperluan editing foto. Anggaran rp 4 juta, tanpa perlu beli monitor & dvd drive, karena sudah ada. Bisa ngasih saran gak, untuk speknya. Maunya sih minimal intel core 2 duo, atau Bos bisa ngasih saran yg lebih baik. Trims ya bos.

  43. Bos, salam kenal. Aku merencanakan merakit pc untuk keperluan editing foto. Anggaran rp 4 juta, tanpa perlu beli monitor & dvd drive, karena sudah ada. Bisa ngasih saran gak, untuk speknya. Maunya sih minimal intel core 2 duo, atau Bos bisa ngasih saran yg lebih baik. Trims ya bos. Kalo bisa balas via kardun2002@yahoo.com

  44. om gw minta solusi om…gw punya laptop speknya procesor :intel dual core 1,73Gh, vga: ntel(R)GMA950 224Mb, ram : 2gb visipro, Hdd: 80gb…pas gw pake bwt maen rf online ntu restar sendiri,,,pas login nya seh ngga pas maennya baru dah ngerestart sendiri,,,gimana om…!

  45. Mas bs minta spec komputer game buat warnet ga?budget ku sekitar 3 juta/pc udh termasuk lcd 15″..
    trims sblmnya

  46. Mas mau nya, kapasitas memory maksimum mobo asus p5gc-mx/1333 berapa?

  47. ane punya duit 5-6 jt, mo beli komputer tp hanya cpu-nya aja, utk maen game seperti crysis, kira2 spek yg paling optimal apa ya? please help donk…

    Admin Says : Core2Duo E8400, DFI Blood Iron P35, DDR2 2GbX2,Seagate 250Gb,GeForce 9800GT

  48. halo,,
    komp ku speknya :
    MB : P5LD2
    Processor : intel core2duo 6300 @1.86GHz
    Memory : corsair 1 Gb 667 DDR2
    VGA : XFX geForce 7300 GT

    udah lumayan lama,,,beli taon 2004.
    pengen di upgrade buat gaming,AutoCad,Photoshop,and Premiere Pro.
    kadang dipake buat editing video ama Cubase (recording lagu)…

    klo bisa budget jangan terlalu mahal,,
    5 jt boleh de…

    mohon bantuannya,,,

    thanks….

    balas di email saya : boyz_ibanez@yahoo.com

    matur nuwun….

  49. ho ya,,,kalo bisa,,,VGA card nya dua alternatip ya,,,radeon ama nVidia..
    kalo monitor,mouse dll ga perlu…

    tambahan PS : 430 Watt

    thanks thanks

  50. Mas, kalo Memory yg sy gunakan type DDR2, bisa gak pake vga type DDR3?
    O iya 1 lg, apa sich yg dimksd Cross fire?

  51. mau tanya dong, kompi dgn spek:
    mobo: asus m2n4 sli
    processor dual core amd athlon 64 3500+
    memory 2gb ; hdd 160gb ; poewer supply simbadda 500w
    vga ati radeon hd 2600 pro 512 mb

    dgn spek gini, kompi ni msh bisa tahan brp thn lg sampai ga ketinggalan mode? :) buat main game ol, fb, n desain grafis? mobo ny msh bs diupgrade ga?

    makasih sebelumnya

    Admin Says : Ketahanan pemakaian bergantung pada masing2 hardware dan tentu saja brainware nya. Kalo masalah ketinggalan mode, bisa dibayangkan teknologi IT yg berkembang sangat cepat. hehe

  52. salam knal mas, sy ingin ngrakit PC yg bisa loading cpat, photo shop, desain P.C.B(printed circuit board), nge-net di rmh pakek phonsel, burn DVD/VCD, nge-game resolusi tinggi, music player yg mantep.. mgkn gk mas.. minta saran apa saja yg perlu disiapkn ( merk+type) skalian casing jg ya.. Thx.

    Admin Says : Lebih detil lg mas, berapa budget yang ada?

  53. saya punya budget 25 jutaan pengen punya pc home yang sangat tangguh plus vga no 1. gmn cara milihnya? klo bisa intel core i7 965 XE. VGA dari GIGABYTE motherboard Asus yg X58? pilihin dong bagi pembaca yang yahu.

  54. saya punya komputer
    motherboard: asus P5GC-MX/1333
    processor: dual-core 2.00ghz
    harddisk: maxtor 80Gb
    fan cassing:1
    ram:1024mb pc5300
    OS:windows xp sp3

    kenapa buat maen game seperti cs aja ngadat mlu/ngehank melulu
    tolong dong boz kasih tau?????????

    Admin Says : Pake pure Sp3 ato black edition sp3? kemungkinan ada crash antara system operasi dgn game. Coba anda gunakan Sp2, menurut review Sp3 memang sedikit bermasalah

  55. vga yang bagus buat moBo P5GC-MX/1333 paan ya??

    dan bagaimana cara menghapus flykate os ????????

  56. saya punya dvd-r samsung tidak bisa buat burning sedangkan teman saya bisa, tolong kasih solusinya?

  57. Sy punya budget 6 jutaan, tapi bingung pengen pilih spek buat PC. saya mau procecornya amd phenom II X4..Kasih rekomendasi dong apa aja spek yang bisa saya beli…tapi cpu nya aja

  58. saya punya komp pentium 2 ketika saya instal ulang komp nya selalu ngerestart melulu kenapa ya,plis donk kasih tau secepatnya?

    Admin Says : Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab pc selalu restart. Coba cek RAM dan Power Supply pc anda. Saya rasa permasalahan ada pada hardware.

  59. bisa d copy buat blog aq g

    Admin Says : Artikel saya bebas untuk dicopy, dimodifikasi atau disebarkan asal mencantumkan link saya atau track back ke blog saya. :)

  60. saya punya komp

    mobo:asus P5GC-MX/1333
    RAM:1GB 8 CHIP DDR2
    VGA GEFORCE 7200GS 512 MB
    HDD:80GB
    PROCESSOR:DUAL CORE 2.0Ghz
    OS:WINDOWS XP SP 3

    KENAPA BUAT MAEN GAME LEFT 4 DEAD GAK BISA PLESE KASIH TAU SECEPATNYA?

    Admin Says : Upgrade VGA anda.. Jgn gunakan VGA dgn fitur hypertransport, karena performanya kalah dibanding vga dengan pure memory. Selain itu, saya sarankan gunakan win xp sp2, karena sp3 memiliki banyak bug terkait masalah kompatibilitas hardware dan software

  61. Maz aq darma.. Tepat bgt singgah di “Tip Merakit PC”
    Aq butuh bgt saran dari mas sblm melangkah jauh:
    1. MOBO Gigabyte yg bagus, awet pst dan jg tangguh buat kbth-an game online seri apaya..? (Max buat mobo 1,2jt)
    Aq maunya Gigabyte yg gk ada onbord-nya.. Emank ada gk..?
    Soalnya mw ksh vga 512MB ato 1GB
    2. Apa bner Mobo onboard jika dipsng-i vga ext suka timbulkan kress2..?
    3. Kasih saran juga ya soal vga yg tangguh sbaiknya pake merk/seri apa..?
    Maklum aq takut ada kres kalo ternyata pilihanku ntar MOBO-nya jatuh pada Gigabyte yg ada onboard (max buat vga 900rb)

    >
    Maaf mas kalo bs jawaban di kirim via email juga ya.. m22_laroze@yahoo.com
    Mksh sblm-nya.. And sukses slalu buat mas..

    Admin Says : akan saya kirim email anda. Sukses jg untuk anda :)

  62. bos punya aq
    mobo asus P5Gc Mx/1333
    ram 1 gb dd2 5300 visipro 2 keping
    hdd 80 gb
    processor dual core 2.4 ghz
    power supply gak tau
    kalau pengen upgred vga yang giman untuk main call of duty 5, pes 2009dan crisis, vga apa supaya gk bootleck tlng krim ke email aja ya S.Dhuker@gmail.com

    Admin Says : akan saya kirim ke email anda.

  63. Mas saya Samuel, sy mau buka usaha game center? tapi budget gak terlalu besar kira2 1 PC 2,5 jt, spek yang cocok untuk game online dengan budget segitu apa ya?tolong diberi pencerahan ya pliss,,, atau ke email say_me.tremendous@yahoo.co.id

    • Admin Says : Dengan budget 2,5jt, mobo Asus P5KPL-AM, processor intel E5300 Dualcore 2,6Ghz, Ram DDR2 Kingston 1Gb, Harddisk WDC 160Gb. Untuk casing, dan optical drive dapat menyesuaikan dengan sisa budget.

  64. Mau tanya nh..!!
    Saya punya budget 4 jutaan..
    Trus saya mau beli PC dengan prosesor AMD dan VGA cardnya dari ATI..
    Buat di pake maen game ol,sama multimedia..
    Menurut mas spek yg harus saya beli kaya gimana?
    Trus mendingan pke LCD atau CRT..?

    Klo bsa balasnya ke email : iwansetiawan19@yahoo.co.id

    Trima kasih..

  65. Oh iya..
    PC nya yg bisa di pke buat maen game warcraft III,need 4 speed most wanted,PES 2009,Counter Strike..
    Sama di pake buat photoshop,flashplayer,autocad dan dengerin musik..

    Terima Kasih..

  66. Boss,saya mau rakit cpu dgn dana 3,5 juta
    -Intel core 2 duo
    -Vga 512 mb
    -Hdd 360
    -Ram 2 gb
    -Dvd combo
    -Mboard
    -Casing
    Tolong bantu saya memilih harware diatas yang murah dan berkualitas.
    Terima kasih
    Email:ragil_king@yahoo.co.id

  67. Semoga saya berkunjung pada site yg tepat …..
    jadi gini lho mas masalahnya komp saya dengan spec
    -AMD anthlon X2 2,8 Ghz
    – Vga Ati Radeon 3100
    -Ram DDR2 2Gb
    – Hdd 160 GB

    dlunya tuh pake OS XP SP 2 lalu saya ingin beralih ke XP SP 3 namun setelah saya beralih ke SP3 begitu banyak bug , game yang tadinya bisa di mainkan sekarang launch saja tidak bisa …
    drag page di browser selalu patah2 pokoknya jadi kalah sama komputer di skolahan saya yg hanya memiliki kisaran budget 2 jt
    pertanyaan saya apakah OS XP SP3 memang “cacat” sehingga berpengaruh sedemikian rupa atau komputer saya yang tidak compatible dengan OS tsb ( klo di cek windows 7 aja masuk kok ini …? )
    o iya 1 lagi kira2 windows 7 itu mulai di rilisnya kapan yang full version tentunya thx a lot before …..

    kalo bisa jawabannya kirim ke bariasunka@yahoo.com

    • Pernyataan anda tepat. Memang SP3 banyak memiliki bug2, terutama pada masalah kompatibilitas hardware dan software applikasi. Lebih stabil menggunakan SP3. Kalo Windows 7 saya tidak tau kapan tepatnya dilaunching, coba anda cek di situs Microsoft. :)

  68. Boss,vga nya cocok ga ma lcd advance v2120?

  69. bos mw tanya nih, PC saya:
    – intel Core duo 2.2GHz
    -Mobo Asus P5GC-MX/1333
    -HDD SEAGATE baracuda 80GB
    -RAM 2GB (mereknya lupa)
    -VGA intel chipset family 128MB (onboard)
    -Casing SIMBADDA

    klo saya mw pasang VGA tambahan bisa atau tidak? dan VGA apa yg cocok untuk PC saya? saya mw VGA support game 3D seperti left4dead, RE4, assassin’s creed, dll.. thanks kawan ^^

  70. Boss yg baik,tolon jelasin detail produknya dong. Merek n serinya,kr q tkt slh bli . Mksi bynk boss

    • Sudah saya jelaskan kan? bagian mana yang menurut anda kurang jelas?

      Intel Core2 E7500
      VGA 8500GT 512Mb
      HD 320Gb WDC
      Ram Kingston 2Gb DDR2 PC6400
      DVD Combo LG
      Board Gigabyte G31

      masalah merk tentu sesuai dengan budget anda. Saya sudah menyertakan detail spesifikasinya, setiap merk walaupun dengan spesifikasi sama bisa saja berbeda harga. Oleh karena itu, sesuaikan dengan budget anda

  71. Ko sepi bgt?

  72. Boss tnya lg nh,
    kalau m boardnya ASUS P5QPL AM gmna? Trs gmna kualitas vga onboarnya?
    1 lg boss, psunya atx ato yg lain

  73. Boss

  74. Salam kenal from Zidan ‘gini ada yg mau saya tanyakan ,..saya punya komputer d rmh dengan spech DDR 1 motherboard foxxcon socket 478 2.6 intel pentium 4 memory 256 hardisk maxtor 40gb ATA ..yang saya tanya klu mau saya upgrade untuk game yang 3D kira2 apa aja yg harus d ganti

  75. Selamat Malam,
    saya mau tanya,kl utk spec PC

    Intel core 2 duo 7400
    Mobo asus p5kpl am se
    vga his pcie HD 4350 DDR2 512 mb
    memory DDR2 1 GB ADATA gaming 800
    HDD 320 GB sata

    apakah sdh cukup mumpuni utk main game sekelas COD 4, Crysis dan game online??? kl ada yg spec yg kurang, di bagian apa?
    karena sy mau beli PC baru, sebab PC yang lama rusak kena petir lewat line telepon & speedy.

    mohon sarannya.

    Kl bisa balasan dikirim ke oriecks@yahoo.com

  76. salam kenal, mau rakit komputer, CPU nya aja. tp budget nya minim banget sekitar 1.5jt. untuk sekarang ini kira-kira apa aja ya… mohon infonya ya mas…
    terimakasih..

    tarmizi.andi@gmail.com

  77. Bos w baru ja ngerakit PC dengan spek:
    Mobo Gigabyte GA-G41-ES2L
    Procesor Intel core2duo 2,93 Ghz E7500
    RAM Kingstone Pc 6400 dual channel
    VGA Pixelview Geforce 9500GT 1GB
    Hardisk Seagate 250GB
    Casing Ersis Escool 4fan 500Watt
    Monitor Samsung Sync Master 943 18,5″
    DVD-RW Samsung Super Write Master
    Apakah spek PC w nee mampu untuk design grafis make aplikasi berat macam Photoshop CS4, dan main game2 3 dimensi Bos?
    trus beberapa hari nee PC w kipas Heatsinknya suka ngadat bos, kira-kira apa masalahnya ya?Mohon pencerahannya bos…….langsung ja k email w ya bos…..

  78. saya mw nanya ni mas komputer saya speknya

    Asus P5KPL-CM
    Core2Duo E7400
    Corsair 1GB RAM DDR2
    HD 200GB
    DVD RW Samsung

    yang saya mw tanyakan saya rencananya mw beli VGA ni mas
    klo pke yang DDR3 bsa gak di komputer saya ya mas
    terima kasih sebelumnya

  79. salam knal saya mw tanya mas komputer saya

    ASUS P5KPL-CM
    Core 2 Duo E 7400 2.8GHz
    RAM Vgen 2GB
    DVD RW Samsung
    Hard Disk 200 GB Seagate

    yang saya mw tanyakan saya mw beli VGA ni mas klo saya beli VGA yang DDR3 buat komputer saya diatas bsa gak ya mas terima kasih
    mohon dibala ke email saya

    dante_dwi@yahoo.com

    terima kasih

  80. csaya mw tanya

  81. bos?? bisa kasih tau? kalo mobo p5gc-mx/1333 untuk buat game yg lumayan…spec apa aja harus diwajibkan??….tolong balas boz????

  82. Lam knal mas, saya mau tanya nih, pc saya specny
    mB Asus p5gc-mx
    proc dual core 1.8ghz
    DDR2 512
    vga Onboard.

    Klo buat ngejalanin game spt Pes 2010 bisa gk dngan spec gtu/ dgn Vgany onboard..

    Tlong kirim jwbn d email ya.. Thanks

  83. ada saran casing yang air flownya bagus tapi ndak terlalu mahal?

  84. salam kenal…. mau tanya2 nih mas…. saya pemula yang baru saja beli kompi dengan prosessor dualcore E5300, mobo asus P5KPL-AM, RAM 1 GB. saya pernah baca artikel k-lo setting bios terutama untuk overclocking-nya kurang pas bisa bikin kompi sering restart sendiri. nah kebetulan kompi saya mengalami hal itu, terutama buat lihat film, k-lo mau di seek tiba2 langsung restart sendiri, kadang malah waktu ngerjain tugas kuliah lagi seru2nya ngetik malah restart sendiri. mohon bantuannya… k-lo bisa balas di email saya.

    thank’s sebelumnya….

  85. mas saya vandi,saya mau nanya soal komp saya
    speknya:
    mobo gigabyte g41ES2EL 1333FSB
    PROCESSOR DUAL CORE 2.93 GHZ
    RAM COSAIR 2GB 800 MHZ
    HDD 500 GB SATA
    KALO SAYA MAU PASANG VGA YANG BISA MAEN DEVIL MAY CRY 4 KIRA2 PAKE APA YA?KALO PAKE ATI 4850 BISA G?KALO MAU BUAT VIDEO EDITING DAN MAEN GAME DI ATAS MASIH MUMPUNI G?KIRA2 SPEK DI ATAS PERLU DI OVERCLOCK G MOBONYA?MISALNYA MAU OVERCLOCK KIRA2 MAKSIMALNYA BISA NAIK SAMPAI BRP GHZ MAS?MOBO DI ATAS MAKSIMAL RAM NYA BRP YA MAS? BLS DI EMAIL SAYA YA Avandinata@yahoo.com THANK YA MAS SEMOGA ILMU MAS BERMANFAAT

  86. Salam Mas, mau naya nih saya punya kompie dengan spek sbb :
    MB : Asus M2N4-SLI
    Proc : AMD Athlon(tm) 64 X2 3600+
    HDD : WDC 80 Gb
    VGA : Ati Radeon X300/550
    Mem : V Gen 512 mb 2 keping
    OS : Win XP Pro SP 2
    Beli awal tahun 2007
    masalah : seminggu terakhir kompie selalu hang and restart sendiri, trus saya instal ulang nih ceritanya, sukses. tapi begitu saya instal driver vga, kompie hang and restart lagi. itu kenapa ya Mas, padahal dari dulu ok ok aja, kok sekarang jadi begitu yah ? ini sementara saya gak instal dulu driver vga nya Mas.
    mohon bantuannya nih Mas, terima kasih sebelumnya

    Salam,

  87. salam,,
    mau bertanya, saya kan ada mobo ecs elit p4vmm2 dengan socket proc 478, dan proc p4 1,8Ghz dengan socket 478,,mau upgrade mobo ke yang udah ddr2 apa harus ganti juga dengan proc nya? soalnya proc nya masih 478..
    mohon bantuannya…

  88. numpang tanya mas..??klo user manual mobo tulis spek ram ddr2 667/533/400
    trus saya beli ram ddr2 pc800 bisa gak dan pengaruhnya..??
    mas klo cd driver mobo ilang trus di mobo ga da merk dan type bgmn cara mengetahui merk mobo dan driver lainnya..
    makasih ya mas mohon petunjuknya..
    oh ya klo bisa balas ke email saya
    arie_smille4ur@rocketmail.com

  89. Maaf boss,mau nanya saya mau merakit pc yang menu dan internetnya loadingnya cepat bisa buat autocad dan game mohon minta spec yang lengkap dan dana yang saya miliki 3jt.Makasih ya balas ke email saya.

  90. Maaf boss,mau nanya saya mau merakit pc yang menu dan internetnya loadingnya cepat bisa buat autocad dan game mohon minta spec yang lengkap dan dana yang saya miliki 3jt.Makasih ya balas ke email saya.Hilmy_atha@yahoo.co.id

  91. Salam kenal bang….
    saya mau belajar merakit PC sendiri, tapi gak tahu pasangan isi perangkat pc itu sendiri..minta tolong ya kirimkan saya tipe2 perangkatya dari motherboard, processor, memori, hardisk, VGA, drive, casing. agar saya bisa peraktek sendiri.. thanks informasiya..mohon dikirim ke email saya ya???

  92. Salam kenal bang….
    saya mau belajar merakit PC sendiri, tapi gak tahu pasangan isi perangkat pc itu sendiri..minta tolong ya kirimkan saya tipe2 perangkatya dari motherboard, processor, memori, hardisk, VGA, drive, casing. agar saya bisa peraktek sendiri.. thanks informasiya..mohon dikirim ke email saya ya???
    yudihelmiawan@gmail.com

  93. nunpang nanya mas,kalo bedanya mobo asus P5QPL-AM dan P5QPL-SE itu semua ada vga nya 256 atau 512 ya ,,makasih banget ya…

  94. Maaf mengganggu kalo boleh saya mau tanya, saya punya pc motherboard P5LD2-X/1333 dan saya mau merekam suara lewat microphone bagaimana caranya, apa saya harus beli sound card atau tidak dan jika beli maka merek apa yang paling bagus untuk matherboard saya trima kasih

  95. CPU saya sebelumnya pakai main board ECS p4m800pro ver 2 proc
    Core 2 Duo E 7400 2.8GHz ram 1.5 baru2 ini saya ganti ASUS P5KPL empu setelah saya pakai lebih dari 1 jam sering restrat … selang antara 15 mnt sampai 30 mnt terus menerus.. terima kasih

  96. Mas, saya John spec pc saya sbb:

    Mobo:asus P5GC-MX/1333
    RAM:2GB CHIP DDR2 1×2
    VGA Gigabyte 7300GT 256 MB
    HDD:20GB
    PROCESSOR:P4 LGA 3.2Ghz Dual channel
    OS:WINDOWS XP SP 2
    PSU:Enlight 350 W
    Yang ingin saya tanyakan, dulu saya tidak ada masalah dgn Pc ini terutama main Game Online PointBlank, tetapi belakangan ini kalau sedang main game tsb sering leg (nembak pelurunya keluar satu satu)memang pc sering saya mainkan siang (anak2) dan malam saya rata2 sampai jam 3 malam.
    Kira 2 apa penyebabnya? ataukan komponen ada yang aus/lemah/etc karena dipakai siang malam? atau ada settingan bios yang nggak sengaja kerubah? boleh saya minta no hp? karena kurang puas tanpa bertanya di hp? Terima kasih atas bantuannya.

  97. Maaf boss saya mau nanya nih..
    spek kmptr saya
    MB ASUS P5KPL AM
    HDD WDC 1TB Black Caviar S-ATA II 32MB
    AMAZE RADEON HD 4870 512MB DDR 5 256 BIT
    Intel Core 2 duo E7400 2.66 Ghz
    Visipro 2 GB PC 6400
    DVD RW Samsung Black
    PSU Thermaltake 430 Watt XP550 PP..

    yang maw saya tanyain, kok pake HD WDC 1TB jadi lambat ya?
    mohon solusi nya..

    Thanx..

  98. salam kenal mas, pc spek saya :
    motherboad biostar g31 m7te lga775
    prossecor intel core2duo e7500 cache 3mb lga 775
    vga card geforce 9500gt 1gb ddr2 128 bit
    harddisk 80 gb seagate
    memory ram ddr2 2gb transcend
    psu 450watt
    trus yg aq tanyakan kenapa waktu maen game pc di tengah-tengah permainan kok jalan gamenya tersendat – sendat
    apa spek ku ada yg troubel
    trims

  99. numpang tanya…

    psu 400watt
    Mobo : MSI 740 ‘kalo gag salah’
    ram : 2Gb
    prosesor : AMD Phenom X2 550
    ram :500gb
    vga : xfx ati rADEON hd 4850…

    Masalahnya,, msal dpake game ‘PES 2011′ rada patah2 dkit..
    it masalh di PSU.y atau gmana.??
    mohon bantunanny…

    trazz.evolution@gmail.com

  100. Master mau tanya saya gamer newbi mau beli vga yg cocok dgn,
    Mb :Gigabit G31
    pro: E7500
    hd: sata 320gb
    mem: 2gb
    dgn buget cuma 600 bs lbh dkitlah,, ya bgus apa y??
    tx. Ivan

  101. Pagi Mas.
    Mau tanya, saya punya proc celeron 1,8 ghz mau saya belikan mobo, tapi kata penjualnya proc mobo gak semua cocok kalo dipasang pada mobo p4, apa benar?trus kalo benar, mobo yang cocok untuk proc ku apa?
    Fariz
    denmasfariz@gmail.com

  102. Salam,
    Mau nanya, saya mau upgrade PC saya untuk main game ??

    Spek PC saya :

    Intel Pentium D 805
    Socket 775 LGA
    Intel ( R ) Pentium ( R ) D Cpu 2.66 GHz
    Mobo P4M800CE – 8237
    Ram DDR 256 PC 2700

    Kira – kira apa saja yang perlu saya ganti tapi dengan budget yang terbatas sekitar 1 Jt ???

    Mohon Bantuannya,

  103. *bos kan gw mo tuker tambah kompi ni, skrg lagi bingung nyari mobo ama memory yg cocok ama spek gw ini

    – core i3 550
    – geforce 9500 gt 1gb GIGABYTE ddr3

    plis bales secepatny bos gw rencana maw beli tgl 18, jadi mohon bantuanny bos -^.^-

  104. *bos kan gw mo tuker tambah kompi, skrg lagi bingung nyari mobo ama memory yg cocok ama spek gw ini

    – core i3 550
    – geforce 9500 gt 1gb GIGABYTE ddr3

    ni komp bakal sering d.pake maen game…

    plis bales secepatny bos gw rencana maw beli tgl 18, jadi mohon bantuanny bos -^.^-

  105. Pagi..slm kenal..
    Mw minta sarannya..sy mw beli pc (rakitan) rencana sy beli khusus bwt main games..trutma tuk games2 yg skrang2 ini keluar dipasaran..bs dibantu tdk spesifikasi yg hrs sy beli sprti apa?..(Klo bs ksh rekomen toko komputer yg bgs) oiya klo bs sy jg dpt memainkan games2 (cd) ps2 di pc yg (akan sy beli nanti..mohon jawabanya bs dikirim melalui email y pak.terima kasih sebelumnya.
    Salam

  106. Bro, penegen rakit PC untuk grafis 3D Max & bisa maen game online jg, tp lbh utama grafis. Apa bisa dengan bujet sekitar 3jt? Ditunggu email balasannya di jasvorvan@ymail.com
    Thx atas infonya….

  107. halo…saya mau nanya apakah windows xp sp 3 bsa di ksih ram 4gb??brapakah maksimal x…???krna sya ska maen game yg brat2 kya GTA IV ,dead space 2 dll.tolong kirim di email sya sja…tlong cpat di bls thanks…

  108. boss… Aq pgn upgrade prosesor Cpu Accer Aspire M1100… Kira” bisa gak ya di ganti yg lbh diatas nya… trims………

  109. Mo nanya nih gan, bru rakit komp dg spec
    Proc: Athlon X2 250,
    Mobo: JW A61PM D3 v2.0,
    RAM: DDR3 1GB
    HDD: WD 320GB
    Psu: 480W
    OS: Windows XP sp2
    Yg jd pertanyaan kenapa kok gampang hang ya, 2-10 menit setelah masuk Windows dah hang (dilayar gambar berbayang kuning)
    Apa masalah dari software atau dari hardware ya?

  110. kk tolong niy kenapa yah saya makai ati radeon hd 3600 kok main rf online g ada suaranya y knapa tuh? cek sound dah bener sound di game rfnya dah bener mohon pencerahannya: kirim ke email: iwan_burhanuddin@rocketmail.com
    di tunggu y jawabannya tq

  111. sya mao ngrakit komputer buat game2 ekstrem 3D
    mohon bantuanya kaseh tau spec yg pas trims

  112. Boleh nanya nich?
    Kalo memory ram nya 4gb waktu itu leptop saya cuman 2 gb ram nya terus saya tambah 2gb kalo main point blank bisa gak ma ayodance bisa gak dll pokok nya game online lain nya bisa gak demikian ini saya sampaikan terima kasih

  113. Thank’s bozz…?

  114. mau tanya nih komputer saya menggunakan
    VGA Intel(R) G41 Express Chipset
    nah saya instal game Bully tapi spesifikasi VGAnya tidak
    memenuhi persyaratan karena harus menggunakan
    VGA 256 MB Ati Radeon / Nvidia GeForce (Shader 3.0 Support)
    saya juga sudah download drver VGA Nvida Geforce tapi gimana
    cara install nya tanpa harus menginstal ulang OS atau bagai mana
    cara membuat VGA intel saya menjadi seperti spesifikasi
    VGA Nvidia Geforce/ 256 MB Ati Radeon

  115. Bos ana mau nanya?

    kalo pc co2duo yg bsa d pke game online+game 3d spek nya gimana aja?
    Tolong jelasin lebih detil.
    Jwban krm ke email ana.
    igunzani.atsig@gmail.com
    di tunggu bos..
    Makasi..

  116. MINTA SPEK KOMPUTER UNTUK EDITING YANG MURAH,,

  117. Permisi om admin, saya rencana mau ngebangun PC rakitan tapi lagi bingung dengan spek yg cocok utk saya mendesain menggunakan software PHOTOSHOP CS5 dan mengedit + merender video agar cepat menggunakan PREMIERE CS4. Ya kalau plus2nya bisa tetap dipakai untuk main game berkelas juga oke..hehehe….

    Sebelumnya saya pernah direkomendasikan spek seperti ini,

    Proc AMD Zambesi FX4100
    MB. Gigabyte 970-AD3
    HD 1TB green WD SATA 3
    RAM Corsair Vengeance 2x2GB DDR3
    VGA ASUS RADEON 5570 1GB DDR3 128bit
    Case EN 4119 + 450W
    LED AOC E943FW Razor LED
    Headset Sennheiser HD 202
    Card Reader Transcend All in 1
    LG DVDRW OP 24x SATA
    UPS?
    Cooler?
    Mouse?

    Masalah kedua juga daya maksimun kos saya adalah 450watt, ada rekomen spek yg lebih aman untuk PSU pc saya nantinya?
    Apa VGA diturunin speknya tetap bisa ketolong untuk kperluan desain dan edit video +render video saya?

    Thanks.
    Regards,
    Johan Heryanto

  118. Gan ane punya spesifikasi komputer (pc)
    Procesor: dual core
    Ram: DDD2 PC 5300 2GB
    Harddisk: 300 Gb 8400 RPM
    VGA: Geforce 8800 gts
    Ane mohon minta pendapatnya kalau bs kasih saran ane harus beli motherboard apa atau yg lain yg hrs ane beli.

  119. kk.saya rencana mau rakit komp.
    buat gake ol trus kayak cod,crysis,dll.ato game resolusi besar.sama buat edit”.
    office,autocad,cdraw,dll.
    minta spek nya dunk.aku aka budget 5jt.
    pc nya aja,itu yang di dalam kasing nya aja.ntar kasing nya ane sendiri.

    klo soal monitor saya pake tv led gimana?

    bls di sini ya lakz.

    agusrohmanto@gmail.com

  120. proc amd athlon 64 3500
    mobo gigabyte ga-m55s-s3
    ram 1gb v-gen
    vga zotac 7200gs 256mb/ up share 512mb
    hdd 40gb
    cd rw asus
    case / psu
    lcd 14″ LG L1550S (kotak)

    misi boss nih pc d atas speknya ckup tdk ya utk maen game online ..
    soalnya mw buat / beli yg bagus dana g ada nih … trms bnget y …jwbannya saya tungg lho ….

  121. laptop ane procise AMD E-350 RAM 4 GB ,HDD 500 GB, VGA RADEON 6310 dan lain”nya .. dan pke win 7 ultimate.
    spec sperti itu bisa buat maen game DotA dan RF online g ?
    terimah kasih jawabannya.

  122. maaf ro, saya bleh tya?
    kalu mw merakit pc dg processor core solo kita btuh perangkat keras ya pa ja? seperti mobo, RAM,HDD, dll. bgus ya yang bagaimana spesifikasi ya yaaa? mhon bals ke email saya cchristinaelisabeth@yahoo.com

  123. haii……
    slm knal tuk smua nya….hehe

  124. slm knal buat admin…..
    mau tnyak ni..
    bsa gk kalo ram com saya upgrade jdi 4gb..
    spec ny:core2duo 2,4
    mobo MSI 7255
    ram 2gb ddr2
    hdd 320
    vga ati hd 5570
    mkasi sblm nya…..

  125. slm knal buat admin…..
    mau tnyak ni..
    bsa gk kalo ram com saya upgrade jdi 4gb..
    spec ny:core2duo 2,4
    mobo MSI 7255
    ram 2gb ddr2
    hdd 320
    vga ati hd 5570
    mkasi sblm nya….

  126. ,mau tanya nih ,mas. ,VGA yg cocok bwt mobo Bios g31 m7 TE ap yaa?
    ,mh0n bntuanya. .thanks

  127. M3 FUD April Crypter.rar

    100% FUD With no dependencies, coded in autoit, with assembly.
    The crypter has many features and has smooth execution.
    It’s still fud!

    Please do not scan crypted output on virustotal,

    Download Here: (mediafire)

    http://www.mediafire.com/?ftg0i55243x9931

    File is 100% clean.
    Check it on virus total if you are scary.
    Please do not scan crypted output on virustotal, as it will stay fud for long time.

    Tags:-
    crypter,free fud crypter,fud crypter free,fud crypter download,ownz crypter,
    fud crypters,fud crypter,crypter stub,how to make a crypter,the crypter blueprint,
    polymorphic crypter,best fud crypter,buy crypter,online fud crypter,
    dark comet crypter,buy fud crypter,how to code a crypter,poison ivy crypter,
    software encryption,free crypter,crypters.net,galaxy crypter download,
    ud crypter download,ownz crypter download,crypters,download fud crypter,
    software for encryption,file crypter,undetectable crypter,exe crypter,
    crypters and binders,easy crypter,crypter software.encryption system,
    rdg tejon crypter,file crypt,crypter source code,codedom crypter,encryption of data,
    program encryption,stealth crypter v4,fly crypter download,encryption of files,
    online crypter fud,how to encryption,fud crypt,sk1d crypter,crypt files,
    advanced encryption standard algorithm,encrypt software free,yoda packer,
    crypting files,crypter fud download,make fud crypter,download crypters,
    easy crypter 2010,make crypter,program for encryption,code for encryption,
    private fud crypter,crypt fud,algorithms of cryptography,
    algorithm for cryptography,fly crypter usg

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

