Membuat Sendiri Antenna Wireless Internet 2.4GHz

Oleh : Onno W. Purbo

Mungkinkah membuat sendiri antenna untuk WLAN 2.4GHz? Mengapa tidak? Ada beberapa referensi menarik di Internet yang dapat memberikan inspirasi bagaimana membuat sendiri Antenna 2.4GHz sendiri, diantaranya adalah:

http://users.bigpond.net.au/jhecker/ (antenna helical)
http://www.saunalahti.fi/~elepal/antenna1.html (antenna dipole / yagi sederhana).
http://www.seattlewireless.net/index.cgi/BuildingYagiAntennas (antenna yagi).
http://www.qsl.net/ki7cx/wgfeed.htm (feed system untuk parabola).
Dll. masih banyak lagi.

Salah satu antenna yang saya lihat paling menarik adalah antenna helical yang dirancang oleh Jason Hecker (jason@air.net.au). Untuk memberikan gambaran bagi para pembaca saya coba terjemahkan secara bebas penjelasan Jason dari http://users.bigpond.net.au/jhecker/.

Komponen yang perlu disiapkan antara lain adalah:
1 x 0.55 meter pipa pralon diameter 40 mm (40 mm inner, 42-43 mm outer).
1 x 40 mm (diameter) penutup pralon.
1 x 150 mm (diameter) penutup pralon atau potongan plastik / kayu yang tenbal dengan diameter yang sama.
2 x 25 mm atau 35 mm baut U.
8 x mur untuk baut U.
8 x ring untuk baut U.
1 x 5/16” baut (yang pendek) dengar mur & ring yang cocok.
1 x lempengan kuningan dengan ketebalan 0.4-0.7 mm secukupnya untuk dipotong dengan lingkaran berdiameter 130 mm.
Kabel tembaga diamter 1 mm berlapis email sepanjang beberapa meter.
1 x konektor N untuk di letakan di panel.
3 x mur & ring untuk konektor N tersebut.
Print PDF file berisi pattern antenna helical, atau membuat sendiri dari perhitungan di bawah. File PDF dapat di ambil dari http://users.bigpond.net.au/jhecker/.
Lem Araldite yang lambat mengeringnya.
Lem Loctite 424 atau yang mirip (seperti superglue atau hotglue gun).
Penutup silicon.
Selotape.

Peralatan yang dibutuhkan:
Gergaji.
Meja yang rata / datar.
Pemotong kabel.
Kunci untuk baut 5/16”.
Obeng untuk konektor N.
Bor
Solder
Gunting (untuk menggunting lempeng kuningan).
Pisau.

Langkah membuat antenna tersebut adalah:

Print & potong template dari PDF file yang anda ambil di http://users.bigpond.net.au/jhecker/. Ada tiga file, yaitu, circle.pdf dan rhspiral.pdf atau lhspiral.pdf. Gunakan rhspiral untuk right handed spiral helicals dan lhspiral untuk left handed spirals. Anda membutuhkan circle untuk membuat ground plane (reflector), kecuali jika anda dapat membuat lingkaran dengan diamter 130 mm yang baik.

Potong pipa pralon 40 mm sepanjang 550 mm (55 cm).

Lilitan template lilitan rhspiral atau lhspiral di pipa pralon dan selotape ujung-ujungnya. Tidak masalah anda menggunakan RIGHT atau LEFT handed template selama ujung-ujungnya menyambung. Pastikan spiral yang kita gambar menyambung ujung ke ujung. Sedikit gap tidak terlalu masalah. Yang perlu di ingat bahwa jika anda menyatukan LEFT & RIGHT handed helical, maka total sinyal akan saling mematikan.

11.bmp

Di ujung awal tempate akan menjadi tempat menempelkan ke dasar antenna. Sebaiknya ujung awal di lebihkan sedikit untuk mengkompensasi ketebalan penutup pralon 40 mm. Seperti tampak pada gambar.
2.bmp

Gunakan ujung yang lancip seperti cutter, beri tanda pada template sepanjang jalur helical dalam interval tetap, misalnya 5 atau 6 tanda setiap putaran. Dengan cara ini kita akan meninggalkan tanda pada pralon untuk memudahkan pada saat kita melilit kabel email. Beri tanda di mana kabel email berhenti di pipa pralon. Anda harusnya mempunyai beberapa mm kelebihan di pipa pralon. Hal ini OK.

Lilitan kabel tembaga berlapis email dan gunakan superglue atau Loctite 424 untuk menempelkan kabel ke tempat akhir kabel di pipa pralon. Perlahan lilitkan kabel sepanjang pipa pralon ikuti tanda spiral yang telah kita toreh di pipa pralon. Pada interval yang sama, misalnya setiap ½ atau 1/3 lilit, tambahkan lem untuk menempelkan kabel di tempatnya.

Pada saat anda mendekati akhir lilitan, lilitan terakhir jangan di lem. Biarkan cukup banyak kabel (10 cm atau lebih) di akhir lilitan. Biarkan dulu beberapa saat sampai lem mengering.

Potong lempengan kuningan atau tembaha dengan diameter 130 mm diambil dari circle.pdf

Bor lubang pada penutup pralon 150 mm dan lempengan 130 mm untuk baut dan konektor N. Semua berpusat pada penutup pralon 40 mm yang akan ditempelkan para penutup pralon 150 mm. Posisikan konektor N pada pinggiran kanan dari penutup pralon 40 mm.

31.bmp

Potong penutup pralon 40 mm agar ada tempat cukup untuk konektor N maupun lubang baut-nya yang tiga buah itu. Untuk memberikan gambaran potongan lihat gambar.

4.bmp

Lubangi di tengah penutup pralon agar cukup untuk baut 5/16”. Penutup pralon dengan potongan maupun lubang baut tampak pada gambar.

5.bmp

Baut penutup pralon 40 mm dan 150 mm menjadi satu seperti tampak pada gambar. (konektor N & reflektor belum terpasang).

6.bmp

Tempat penempelan baut U terserah kepada kita tergantung pada ukunran-nya 25 atau 35 mm atau berapapun. Pastikan agar tidak mengganggu pada saat kita memasang kabel coax di konektor N.

Pasang lempengan tembaga atau aluminium 130 mm pada penutup pralon 150 mm, dan bautkan pada penutup pralon 40 mm. Pastikan semua lubang pada lempengan dan penutup pralon pas.

Sambungkan konektor N.

Untuk dapat matching impedansi antenna yang biasa sekitar 150 ohm untuk antenna helical ke kabel coax yang hanya 50 ohm, anda membutuhkan lempengan tembaga atau kuningan selebar 15-20 mm. Potong lempengan tersebut diagonal dan hubungkan dari konektor N ke ujung antenna. Ukuran potongan tembaga yang digunakan pada sisi tegak adalah 17 mm dan 71 mm dengan diagonal 73 mm. Lempeng aluminium tidak dapat di solder, jadi jangan digunakan. Lempeng kuningan yang baik digunakan. Lihat gambar untuk jelasnya.

7.bmp
Masukan pipa pralon ke penutup pralon 40 mm dan tandai dimana spiral akan bertemu dengan ujung penutup. Potong kabel email yang berlebih disini, gunakan ampelas untuk menghilangkan email yang ada agar siap di solder.

Solder lempeng tembaga yang baru kita buat di atas ke kabel email dari spiral helical. Gunakan lem seperlunya. Mungkin anda perlu melakukan trimming dari lempengan lembaga untuk mencocokan ukuran.

Pada saat pipa pralon masuk secara penuh ke penutup pralon 40 mm, seharusnya pipa akan masuk dengan baik. Setelah itu lempengan tembaha yang menjadi matching impedansi di solder ke konektor N.

Agar pipa pralon menempel dengan baik ke penutup pralon 40 mm, ampelas permukaan kedua benda yang akan saling berhubungan ini dengan ampelas agar lem yang kita gunakan dapat lebih baik menempelkan pralon.

Gunakan lem Araldite yang SLOW DRYING (bukan 5 menit). Letakan Araldite di ujung bawah pipa pralon & di dalam penutup pralon. Atur posisi konektor N & rangkaian matching impedansinya.

Biarkan lem mengering (sekitar satu hari). Pasang baut U dan anda sudah memiliki sebuah antenna helical. Bentuk konektor N yang menonjol melalui lempengan tembaga yang terhubung pada lempengan matching impedansi tembaga tampak pada gambar.

8.bmp

Alasan utama mengapa penutup 150 mm digunakan agar kita dapat menutup selurtuh konstruksi antenna menggunakan pipa pralon 150 mm sehingga aman dari ganggung cuaca burung dll.

Beberapa hal penting

Test pipa pralon yang akan digunakan untuk antenna di dalam oven microwave. Kalau pipa pralon menjadi panas setelah di oven selama 2 menit-an, artinya bahan pipa pralon tersebut tidak baik untuk antenna, karena akan mengambil energi radio.

Rangkaian matching impedensi di atas tidak terlalu sensitif.

Antenna ini cukup baik digunakan untuk jarak 3-4 km dengan line of sight yang baik.

Ada banyak kemungkinan variasi disain, misalnya kita dapat mengunakan PCB yang di etch sesuai dengan pola circle sebagai reflektor.

About these ads

~ oleh gandhiprima pada 5 Desember, 2007.

44 Tanggapan to “Membuat Sendiri Antenna Wireless Internet 2.4GHz”

  1. Ada cara membuat antena (wajanbolic) yg lebih mudah dan sederhana gak…??? Kalau ada kasih tahu aku ya, di indo_alcatraz@yahoo.co.id atau sms ke 085951179105.

  2. met kenal,to the point aja. saya buat antenna kaleng, pci card merk asus dwl.38 .yg jadi pertanyaan bisanggak buat nembak hotspot/accses point. soalnya aku coba nggak dapet-dapet.Thanks

    Jawab : Bisa saja…akan saya bahas dalam artikel saya selanjutnya…tunggu saja… Regards

  3. tolong dong minta gambar nya yang lengkap..dan yang lebih akurat.
    trims
    asep_sae@blueline.co.id

    Admin Says : Secepatnya akan saya kirim ke alamat email anda. Terima kasih

  4. Boss..kirimkan juga gambar yang lengkap dan akurat tentang wajan bolic ke szilp@humlog.com Thanks….

  5. iya nich bos gambar detailnyaa…maklum masih bloon nich ke Email Bostex_rijal@yahoo.co.id

  6. mohon infonya tentang cara pembuatan antena wireless internet, dan langkah kerjanya, termakasih sebelumnya
    Alamat e-mail, as_roney@yahoo.com

    saya tunggu yah

  7. minta juga donk gabarnya…

  8. Pa Onno, saya minat sekali dengan antenna yang anda info kan, bisa gak saya membeli langsung dengan anda, tolong info ke http://www.abey_palangkaraya@yahoo.co.id, tks

  9. erm itu helical anten untuk nembak hotspot ato untuk membuat hotspot?

  10. bos minta juga nih ikutan……gambar dan penjelasan lebih lengkaonya. he he email ke dzulfikar20032003@yahoo.com

  11. boz, tolong cara kerjanya beserta gambarnya ya boz ke
    umam@live.com
    tak tunggu yaw!

  12. da teman2 yang berminat membuat antenna 2.4ghz yang benar email ke saya atau kunjungi website http://www.indoantenna.com (web masih dalam pengerjaan)
    saya sudah memcoba berbagai macam antena teryata dari semua yang saya uji coba ada beberapa antenna yang benar2 mau bekerja dg baik serta dapat menghasilkan penguatan gain yang memuaskan saya berexperiment dg mengunakan peralatan uji antenna yang disarankan (swr,antennna analyzer ,VSM ) dan hasil cukup memuaskan —- untuk kabel utp max panjang yang saya pakai 16 meter tanpa usb extender

  13. mas, bisa bantu cara pembuatan antena yang sederhana untuk wirelees tlng. please

  14. bos kasih tahu buat antenanya and triknya ok mail me s_endra_p@yahoo.com matur suwun

  15. ya kalo ada gambarnya kita bisa lebih mudah ngikutinya

  16. Bos, klo saya copy paste article ini boleh g? u/ kpentingan bersama nak2 jogja.

  17. Hai Aku Punya ide lebih Bagus, Hee…. Sblm-nya sorry sama Pihak ASTRO. krn aku liat itu seperti parabola dan aku sama in sama para Bola TV Astro di situ aku mulai berpikir Jernih. karena ASTRO udh bangkrut dan PARABOLA nya g di ambil + Barang lain-nya aku isengin aja dech Aku ubh kabel yang tadi-nya berbentuk N Connector trsbt menjadi kabel USB dan aku sambungin ke Alat WI terus aku mulai coba Prakteknya dan ternyata jeng,jeng… BERHASIL jadi dech (Free Internet).

    PS: Ingat tetap arahkan Parabola tsb ke Tower2 bisa juga di arahkan ke Tower Telkom, hehe…. tapi agak lama connect nya, ke Tower lain aja dech ntar di omelin Om Telkom Lage. Hehe….

    =SELAMAT=+=MENCOBA=
    ——————-
    Mohon Maaf kpd Pihak2 yang tidak Setuju

  18. Klo pake D-Link WLAN / Router draft N bisa?
    Perhitungan sekalian gambarnya bos…?
    Via mail ya.. thanks.

  19. Mas, bisa minta tolong diajarkan untuk membuat antenna wajan-bolic? Via email aja ya.

    Makasih lho, in advance

  20. sebenarnya banyak sih yg bisa kita manfaatan,, asal kita tahu ilmunya,,,

    http://sentralreseller.com

  21. saya mau Mas dibuatkan; kalau beli dimana yaahhh? sekarang saya online di rumah dengan SMART, lumayan lah buat ngenet barengkeluarga.

  22. @andrew, gimana caranya merubah kabel parabola ke usb soalnya aku juga ada parabola nganggur nich. wongbulu@yahoo.com

  23. mbok saya jg dikirim cara yang lengkap+gambar. mksh mas…

  24. ngenet gratis sepanjang hari sepuasnya….

  25. Saya tinggal d kampung 30km dr kota, tdk ada hotspot dll. Yang ada hanya tower telkomsel n indosat. Utk internet pake jalur gprs. Adakah jalan lain utk berinternet gratis spt teman2 yg berada d kota? Tolong dong!!!

    • petanyaan saya sama, tdk ada hotspot dll. Yang ada hanya tower telkomsel n indosat. Utk internet pake jalur gprs. Adakah jalan lain utk berinternet gratis spt teman2 yg berada d kota? Tolong dong!!!
      antena ne utk bkin hotspot sndri ato nembak antena WIFI orng lain ???
      tlong dkrimi gmbr juga Videao’x bOs
      tlong dkrim kEmail saya z
      trims

      Admin Says : kalo tidak ada fasilitas penyedia koneksi, mau nembak koneksi kmn? bikin hotspot sdri pun ga gratis mas. Harus berlangganan dari isp :)

  26. saya juga minta gambar yang lengkap…plus detailnya…plus total fulus yang kudu keluar

  27. Mas saya tertarik sekali penbuatan antena wifi email ke herman_relani@yahoo ya mas pdf pembuatan lengkap nya maklum masih newbie thax mas

  28. Mas sy masih bingung melihat di web cara pembuatan antena wifi, mungkin ada gambar serta keterangan lebih jelas, mohon untuk dikirim ke arif_musriana@yahoo.co.id, jarak dari hotspot ke rmh kira-kira 6 km udara. apa bisa nyampek signalnya. trims atas bantuannya

  29. bos boleh minta gambar lengkap y g??

    kirim ke email saya y…

    thx b4..

    subex_ndut@yahoo.com

  30. tolong kirimi cara membuat antena wireless secara
    lengkap dan gambar membuat antena wireless?######!!!!!!

  31. tolong dong kirimkan data yang lengkap,saya kurang jelas

  32. tolong kirimi cara membuat antena wireless secara
    lengkap dan gambar membuat antena wireless?
    dan antenanya untuk jarak 10 km busa ngak mas

  33. tolong kirimi cara membuat antena wireless secara
    lengkap dan gambar membuat antena wireless?
    dan antenanya untuk jarak 10 km busa ngak mas
    kirim keemail saya mas edijae2000@yahoo.com

  34. mas tolong krmkn ke email saya
    cara pembuatan wajan bolic internet
    secara lengkap baserta gambarnya ya mas
    aq tunggu ok.
    krm kmri ya mas
    imam.chai@yahoo.com

  35. Bos tolong….tolong….tolong….diemailkan cara gamblangnya dg bhsa yg mudah dpahami bserta gambarnya ya,sy orang kampung,jarak dr rmh ke wifinya 6km.mkch bnyk
    @andrew yg ganteng &baek:mau dong tipnya,kalau parabola biasa bisa dpake ga?please dong caranya,jg merubah to usb gmn,sy ga mudeng.diemail ya ke syamsulafandi@yahoo.co.id mkch bnyak ndrew..!

  36. tolong dong minta gambar nya yang lengkap..dan yang lebih akurat.
    trims
    joi_nary@yahoo.com

  37. kirimin dong yang pake gambar sama petunjuk pembuatan antena yang pake wajan bolic. gua udah pingin praktekin nih..

  38. tolong dong minta gambar nya yang lengkap..dan yang lebih akurat.
    trims

  39. tolong saya kirimi gambaran lengkap serta tutorial tentang buad antenanya ke email saya. . .
    soalnya saya bingung. . .

    terus caranya mengkonekkannya gmn???
    email aku Pendhol@yahoo.co.id
    terima kasih

  40. Boss..tolong ya saya dikirimi juga gambar yang lengkap dan akurat tentang cara pembuatan antena yagi dan wajan bolic utk penguat sinyal 3G ke email:yahya.setiawan@yahoo.co.id
    thanks……….

  41. Bos,apakah antenanya Warnet memancarkan hotspot yang bisa ditangkap oleh antena WIFI kita ?

  42. tlg kasi tutorial penyambungan kabel usb nya pak,kemaren saya udh coba tapi ngak bisa(divise not found)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: