Cara memperbaiki masalah MBR

Hingga saat ini, Master Boot Record (MBR) masih jadi persoalan yang enak dibahas. Terlebih dengan adanya kemudahaan multi-boot, virus, d1l. yang lansung atau tidak berurusan dengan harddisk. MBR sebenarnya persoalan klise, asal tahu betul asal-muasal MBR.

Apa sebenarnya Master Boot Record (MBR)? Master boot record adalah sector pertama dari disk yang diakses oleh BIOS komputer ketika komputer bootup. Artinya, berhasil dan tidaknya boot sistem operasi bergantung bangkit dengan benarnya MBR.

Bila anda pernah memasang 2 atau lebih sistern operasi dalam satu harddisk anda, kesanggupan untuk memilih sistem operasi clikontrol langsung oleh MBR ini.

Anggap bila anda ticlak bisa boot dan tidak suka dergan perubahan dalam proses boot loader atau berubahnya MBR (yang bisa terjadi karena banyak alasan, virus yang mengganjal proses multi boot yang anda buat misalnya. Kejadian ini sering menimpa banyak PC sqak dual sistem antara Mandrake (v8.1) pada satu partisi dan Windows XP di partist lain dengan grafis Mandrake sebagai menu Master Boot. Nah, kalo sudah begini, anda harus memperbaiki MBR.

Anggap anda sedang di Windows XP, dan anda harus meletakkan WINDOWS XP CD ke dalam drive anda clan membuat recovery console untuk boot selanjutnya.

Cara yang paling mudah melakukan ini adalah melakukan navigasi ke START-RUN dan mengetikkan D:\i386\winnt /cmdcons (D adalah drive dari CDROM komputer anda) lalu ikuti sampai proses akhir dan reboot.

Setelah reboot, system memaksa anda untuk memilih recovery console dan dipilihnya dengan memasukkan nomor id menu (defaultnya I). Setelah console di-load, masukkan perintah FIXMBR /device/harddiskO (dimana harddiskO menunjuk drive C: dimana WINDOWS XP terpasang secara default). Ini akan memperbaiki MBR anda ke default boot XP.

Perintah FIXMBR hanya menyediakan recovery console. Untuk informasi lebih soal FlXMBR, anda bisa mengunjungi : http:// http://www.microsoft.com/ technet/ treeview/ default.asp?url=/ TechNetffirodtech~ nol/ winxppro/proddocs/ bootcons fixmbr.asp

~ oleh gandhiprima pada 2 November, 2007.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: